Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan akan komputer kian meningkat dan semakin penting. Meski begitu, tak sedikit yang masih mempertanyakan sebenarnya apa pengertian komputer dan fungsinya. Apabila Anda juga belum memahaminya dengan baik, pastikan simak ulasan di bawah ini.


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli


Ada banyak ahli yang menjelaskan mengenai pengertian komputer. Adapun beberapa di antaranya yaitu:

William M. Fuori

Ahli ini menjelaskan bahwa komputer merupakan alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan besar dan cepat. Bahkan perhitungan ini termasuk aritmatika dan operasi logika. Dalam kinerjanya, komputer tidak ada campur tangan manusia.

Robert H. Blissmer

Dijelaskan bahwa komputer merupakan alat elektronik yang bisa melakukan banyak tugas. Mulai dari memproses input, menerima input, menyimpan perintah, hasil pengolahan, hingga menyediakan output dengan bentuk informasi.

Williams dan Sawyer

Menurut ahli ini, komputer ialah bentuk mesin serbaguna yang bisa diprogram. Komputer bisa menerima data berupa fakta serta gambar kasar. Tak hanya itu, komputer ini juga memproses atau memanipulasi datanya ke dalam bentuk informasi yang bisa digunakan.

Donald H. Sanders

Ahli ini mengemukakan bahwa komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat. Kinerjanya dirancang sekaligus diorganisasikan agar bisa menerima dan menyimpan semua data input secara otomatis. Komputer juga memproses data dan menghasilkan output tepat di bawah pengawasan langkah-langkah maupun instruksi program yang tersimpan dalam memori.

Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy ikut berpendapat mengenai pengertian komputer. Menurutnya, komputer merupakan alat maupun mesin yang mampu memecahkan persoalan. Tak hanya itu, ia juga berpendapat bahwa komputer merupakan mesin dan alat yang bisa mengolah data sehingga menghasilkan informasi sesuai keinginan penggunanya.

C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Ahli lainnya yang juga mengemukakan pendapatnya mengenai definisi komputer yaitu C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky. Dalam hal ini, ahli tersebut menyebutkan bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang bisa bekerja secara cepat dalam menerima informasi atau data input digital. Kemudian mesin ini memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan pada memori. Nantinya alat tersebut akan menghasilkan output berupa informasi.

Wimatra dkk (2008)

Pengertian komputer menurut penjelasan Wimatra dkk (2008) ialah sistem perangkat elektronik yang sengaja diciptakan dengan membawa tujuan tertentu. Adapun tujuannya yaitu melalui pemrosesan pengolahan data. Kemudian menghasilkan informasi yang bermanfaat dan berguna.

Randolph E. Gunter dan Garry B. Shelly

Penjelasan dari ahli ini menyebut bahwa komputer merupakan peralatan elektronik yang beroperasi di bawah instruksi. Peralatan ini menyimpannya dalam memori. Pada akhirnya, proses tersebut memungkinkan penerimaan data, pengolahan data, dan memberikan hasil sesuai aturan yang ditetapkan.

Oxford English Dictionary (OED2)

Oxford English Dictionary merupakan perangkat yang bisa digunakan dalam penghitungan maupun pengendalian berbagai operasi dengan bentuk logika atau numerik.

June Parsons

Menurut June Parsons, komputer merupakan perangkat multifungsi atau serbaguna yang mampu menerima input, melakukan proses data, menyimpan data, dan menghasilkan output berupa informasi. Kinerja yang dilakukan komputer ini sesuai dengan serangkaian instruksi yang disimpan.

Dinus

Pengertian komputer juga datang dari Dinus. Berdasarkan penjelasan Dinus, komputer merupakan serangkaian mesin elektronik yang tersusun dari ribuan atau bahkan jutaan komponen. Komponen-komponen tersebut saling menjalin kerjasama sehingga membentuk sistem kerja yang teliti dan rapi.

Gordon B. Davis

Gordon B. Davis mengemukakan penjelasan bahwa komputer adalah tipe khusus dari suatu alat penghitung uang. Alat ini memiliki sifat tertentu dan pasti.

McGraw-Hill (2001)

Menurut ahli ini, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang berfungsi bekerja secara cepat. Mesin ini juga bisa menerima informasi input digital. Kemudian mesin ini juga memproses data sesuai program yang ada di memori. Hasil akhirnya, mesin ini bisa memberikan output dalam bentuk informasi.

Arif Susanto (2009)

Arif Susanto memberikan penjelasan bahwa pengertian komputer ialah sekelompok alat elektronik. Alat ini terdiri dari komponen input, komponen proses, dan komponen output yang memberikan informasi sekaligus bekerja dengan otomatis.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI, Anda juga bisa menemukan pengertian komputer. Adapun definisinya ialah alat elektronik yang bisa menghitung ataupun mengolah data secara otomatis dan cermat. Kinerjanya ini sesuai dengan instruksi.

Pada akhirnya, alat ini mampu memberikan hasil pengolahan data sekaligus menjalankan sistem multimedia. Mulai dari televisi, faksimile, film, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, alat ini tersusun dari unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, dan unit pengontrolan.

Elias M. Awad

Ahli selanjutnya yang juga memaparkan pengertian komputer yaitu Elias M. Awad. Ahli ini menjelaskan bahwa komputer merupakan alat hitung yang bisa berguna dalam pemrosesan data digital dan data analog.

Wikipedia

Pengertian dari komputer juga bisa Anda dapatkan dari Wikipedia. Di dalam Wikipedia tertuang jelas bahwa komputer merupakan seperangkat alat yang menjadi satu dengan tujuan untuk melakukan pengolahan data. Fungsi ini didasarkan pada prosedur yang sudah dirumuskan sebelumnya.

Larry Long dan Nancy Long

Pendapat ahli ini tak kalah penting untuk Anda pahami. Larry Long dan Nancy Long memaparkan penjelasan bahwa komputer merupakan alat hitung elektronik yang mempunyai kemampuan dalam menginterpretasikan sekaligus melaksanakan perintah program. Mulai dari untuk input, output, penghitungan, maupun operasi logic.

American Standard Institute

Dalam American Standard Institute, tertuang secara jelas mengenai pengertian komputer. Dijelaskan bahwa komputer merupakan alat pemroses data yang berperan penting dalam pembentukan secara lebih besar dan dapat selesai dalam kurun waktu cepat. Dalam menjalankan fungsinya ini juga termasuk pada perhitungan aritmatika yang besar. Selain itu juga mampu melakukan operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia selama pemrosesannya .

Sejarah Komputer


Setelah mengetahui pengertian komputer, pastikan Anda juga paham bagaimana sejarahnya. Perlu Anda ketahui bahwa penemuan komputer untuk pertama kalinya terjadi pada 1822. Kala itu penemunya adalah Charles Babbage. Ia merupakan ahli matematika yang berasal dari Inggris.

Pada awalnya, Charles Babbage hanya ingin membuat mesin hitung yang menggunakan tenaga uap agar bisa melakukan penghitungan tabel angka. Mesin ini bernama Difference Engine 0. Apabila dibandingkan dengan komputer saat ini, mesin tersebut memiliki bentuk yang jauh berbeda.

Hanya saja, untuk prinsip kerjanya hampir sama. Seiring berjalannya waktu, ada seorang penemu yang bernama Herman Hollerith. Pada tahun 1890, ia terus berinovasi dalam bidang teknologi sampai akhirnya berhasil membangun perusahaan komputer IBM.

Selanjutnya pada tahun 1930, ada ahli bernama Alan Touring yang mengembangkan mesinnya. Peneliti matematika ini mampu mengumpulkan beragam perintah hingga pada akhirnya mesin tersebut diberi nama Touring Machine.

Di masa selanjutnya ada insinyur mesin yang asalnya dari Jerman berhasil mengembangkan komputer digital untuk pertama kalinya. Insinyur yang bernama Konrad Zuse ini menciptakan komputer digital bernama Z1. Komputer yang bisa diprogram ini mampu melakukan beragam tugas pada tahun 1936.

Kemudian di tahun 1943, John mauchly sukses membuat mesin Electronic Numerical Integrator and Calculator atau yang biasa disingkat menjadi ENIAC. Mesin ini mempunyai kemampuan analisa dalam menghitung ribuan masalah hanya dalam hitungan detik. Berkat kemampuan tersebut, ENIAC mampu membantu angkatan darat untuk memprediksi serangan.

Di tahun 1954, lahir bahasa pemrograman oleh ilmuwan bernama Grace Hopper. Kala itu bahasa pemrogramannya dikenal dengan istilah COBOL. Pada tahun yang sama juga tercipta bahasa pemrograman FORTRAN dari John Backus melalui tim pemrograman IBM yang dipimpinnya.

Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa


Perusahaan IBM aktif menciptakan perangkat IBM 650 di pasaran. Seiring pergantian zaman, kecanggihan teknologi semakin meningkat sehingga lahirlah komputer yang semakin modern. Mulai dari Programma 101 pada tahun 1968, Xerox Alto tahun 1970-an, Apple I tahun 1976, Acorn, dan masih banyak lagi.

Bahkan bukan hanya komputer saja yang mengalami peningkatan, melainkan juga komponen di dalamnya. Sebut saja ethernet, disket, chip Dynamic Access Memory (DRAM), keyboard, layar, monitor, dan lain sebagainya. Kemunculan ini juga dibarengi dengan hadirnya beragam perusahaan komputer. Sebut saja Apple dan Microsoft.

Perkembangan teknologi komputer pada era 2000-an, lebih tepatnya tahun 2011, ditandai dengan adanya penemuan IoT (Internet of Things). Pada waktu tersebut, hadir perangkat IoT pertama di dunia yakni Nest Learning Thermostat.

Seiring berjalannya waktu, semakin bermunculan produk IoT di pasaran. Bahkan Apple tak ketinggalan dengan menghadirkan Apple Watch di tahun 2015. Tak cukup itu saja, Apple juga mengumumkan kehadiran iPadOS yang berupa sistem operasi khusus iPad.

Memasuki era ke-21, tingkat perkembangan komputer mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tak heran karena hal tersebut beriringan dengan kemajuan teknologi. Bahkan kemajuan komputer ini berdampak besar terhadap kehadiran media penyimpanan portable dengan kemampuan lebih canggih yaitu USB Drive.

Untuk tahun 2000-an sampai sekarang, telah hadir beragam perusahaan komputer dengan brand melimpah. Bahkan spesifikasi dan komponen yang ada di dalam komputer juga semakin mumpuni. Kecanggihannya mencangkup fitur, teknologi, sistem operasi, prosesor, dan lain sebagainya. Kualitasnya mengalami peningkatan yang jauh lebih baik.

Ciri Komputer Berdasarkan Generasi


Masih berkaitan dengan sejarah komputer, Anda perlu memahami ciri-cirinya dari generasi pertama ke generasi kelima.

Generasi Pertama

Generasi pertama itu sendiri berlangsung sekitar 1940 sampai 1959. Komputer dalam generasi pertama bercirikan pembuatan program menggunakan bahasa mesin, bisa disimpan pada magnetic tape dan magnetik disk, memiliki konsep storage program, komponennya berupa tabung hampa udara, serta ukuran fisiknya besar.

Generasi Kedua

Komputer generasi kedua berlangsung pada tahun 1959-1965. Adapun untuk cirinya yaitu memiliki kapasitas memori utama besar, memiliki kemampuan proses secara real time dan time sharing, komponennya berupa transistor yang ukurannya jauh lebih kecil, proses pengoperasian lebih cepat, menggunakan magnetik tape dan magnetik disk yang bentuknya removable disk, hingga berorientasi dengan aplikasi bisnis serta teknik.

Generasi Ketiga

Komponen dalam generasi ketiga berlangsung pada tahun 1969-1970. Ciri komputernya mulai dari komponen berupa integrated circuit yang berisikan ribuan transistor hibrid dan monolitik, proses pengoperasian lebih cepat dan tepat, kapasitas memori lebih besar, ukuran fisik lebih kecil sehingga hemat listrik, bisa multiprocessing dan multiprogramming, menggunakan magnetic disk yang bersifat random access, alat input-output berkembang dengan visual display terminal, serta bisa komunikasi data dengan komputer lain.

Generasi Keempat

Generasi ini dimulai sejak tahun 1970. Komputernya bercirikan menggunakan LSI apa yang juga terkenal dengan sebutan Bipolar LSI. Kemudian komputernya juga memakai semikonduktor berbentuk chip dan mikroprosesor. Di tahun 1971, terdapat komputer IBM 370 dengan spesifikasi Intel 4004 mikroprosesor. Kemudian di tahun 1977 ada PC berupa komputer Apple II. Selanjutnya pada tahun 1981, sudah banyak komputer yang menerapkan sistem Windows dan penggunaan mouse.

Generasi Kelima

Dalam generasi kelima ada banyak kemajuan dalam bidang teknologi dan desain komputer. Beberapa di antaranya yaitu kemampuan pemrosesan paralel yang mampu menggantikan model non neumann. Dengan kemampuan tersebut, maka komputer bisa mengkoordinasikan banyak CPU sekaligus agar bekerja bersamaan. Sama halnya generasi sebelumnya, komputer generasi kelima juga memiliki ciri khusus.

Ciri tersebut mulai dari komponen berupa VLSI, penggunaan teknologi Artificial Intelligence, dan mulai ada pengembangan komputer yang bisa menggantikan chip. Perlu untuk anda ketahui bahwa komputer generasi kelima dipelopori oleh negara Jepang. Selama ini kita tahu bahwa Jepang termasuk salah satu negara maju yang aktif berinovasi, khususnya dalam bidang teknologi.

Fungsi Komputer


Fungsi tak kalah penting untuk Anda ketahui selain sejarah dan pengertian komputer. Adapun cara kerja sistem komputer pada umumnya ialah sebagai berikut.

Data Processing

Fungsi komputer dikategorikan dalam berbagai data, salah satunya yaitu data processing. Dalam kategori ini, komputer berperan penting untuk melakukan pengolahan data. Fungsinya ini bertujuan untuk menghasilkan output dengan bentuk informasi. Berkaitan dengan fungsinya ini, pada umumnya data yang diolah mulai dari teks, gambar, audio, grafik, dan masih banyak lagi.

Data Input

Selain data processing, fungsi komputer juga dikategorikan dalam data input. Pada kategori ini, mesin komputer berfungsi untuk menerima informasi atau data yang berasal dari sumber luar. Informasi atau data tersebut diterima secara mudah melalui berbagai kegiatan di keyboard maupun perangkat komputer lain.

Data Output

Bukan hanya data input saja, melainkan juga ada data output yang berkaitan dengan fungsi komputer secara umum. Dalam kategori ini, komputer berfungsi untuk memberikan hasil output sesudah melewati berbagai proses pengolahan data tadi. Hasil output yang berupa informasi atau data ini akan tersaji menggunakan monitor, speaker, dan alat printer.

Data Movement

Fungsi lainnya juga bisa Anda temukan pada data movement. Fungsi komputer pada kategori ini yakni mampu memindahkan data yang asalnya dari komputer satu ke komputer lainnya ataupun beragam peralatan output lain.

Data Storage

Kategori lainnya yang juga mencangkup fungsi komputer secara umum yaitu data storage. Dalam hal ini, komputer berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data. Dengan begitu, data bisa Anda temukan secara mudah.

Fungsi yang satu ini terasa sangat penting dan bermanfaat apabila Anda ingin menggunakan kembali data tersebut. Dalam penyimpanannya, data akan tersimpan pada memori komputer. Apabila menginginkan, data juga bisa Anda simpan di memori eksternal.

Komponen-Komponen Komputer


Pembahasan yang penting untuk Anda ketahui selanjutnya yaitu perihal komponen komputer. Dalam membahas komponen komputer, ternyata juga terbagi dalam beberapa kategori. Mulai dari komponen input, komponen output, dan komponen proses.

Komponen Input

Sebelum mengetahui apa saja yang termasuk ke dalam jenis komponen input, pastikan Anda pahami definisinya terlebih dahulu. Komponen input ialah komponen hardware yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan perintah atau tugas pada komputer. Adapun untuk komponennya meliputi mouse, keyboard, microphone, pen, scanner, trackpad, dan masih banyak lagi.

Tiap komponen ini memiliki fungsi tersendiri. Untuk mouse berfungsi dalam menggerakkan kursor sehingga bisa menjalankan perintah sesuai keinginan pengguna. Lain halnya dengan keyboard yang berguna sebagai alat mengetik.

Selanjutnya untuk microphone, komponen ini berguna sebagai penangkap suara pengguna. Kemudian ada pen yang berfungsi untuk menulis secara digital. Lebih lanjut, ada scanner yang tentu saja berperan untuk scan.

Komponen lainnya dalam kinerja input yaitu trackpad. Komponen ini juga dikenal sebagai touchpad. Mengenai fungsinya, trackpad berguna sebagai peranti penunjuk yang bisa menerjemahkan gerakan maupun posisi jari pengguna ke posisi relatif yang ada di layar komputer. Selain komputer, trackpad juga bisa dengan mudah Anda temukan di PDA dan sejumlah pemutar media portabel.

Komponen Output

Selain komponen input, pada komputer juga terdapat komponen output. Untuk pengertiannya, komponen output ialah komponen yang berperan penting dalam menampilkan informasi atau data dari perintah yang telah diolah oleh komputer. Kemudian untuk komponennya mulai dari monitor, printer, speaker, dan lain sebagainya.

Semuanya komponen input, komponen output juga mempunyai fungsi tersendiri. Untuk monitor, komponen ini berguna dalam menampilkan informasi di komputer. Baik itu informasi dalam bentuk angka, tulisan, grafik, gambar, maupun video.

Lalu ada pula komponen printer yang berfungsi untuk mencetak informasi yang ditampilkan di monitor. Dengan memanfaatkan printer, maka file yang berupa digital tersebut bisa menjadi media cetak. Untuk dokumen yang bisa dicetak pun beragam. Bisa tulisan maupun gambar.

Komponen berikutnya yaitu speaker. Komponen yang satu ini berguna untuk mengeraskan atau memperdengarkan audio yang ada di dalam komputer. Dengan begitu, saat menonton film, memainkan musik, ataupun hal lainnya yang menggunakan suara bisa terdengar secara jelas.

Komponen Proses

Kategori komponen lainnya yang menarik untuk Anda pahami yaitu komponen proses. Sesuai dengan namanya, komponen proses ialah komponen yang bertugas untuk mengolah atau memproses perintah dari brainware. 

Nantinya data tersebut akan ditampilkan pada komponen output di komputer. Untuk contoh komponen proses pada komputer seperti halnya motherboard, processor, hardisk, dan RAM.
Motherboard atau yang juga dikenal dengan sebutan mainboard adalah perangkat keras komputer yang berperan penting sebagai tempat pemasangan semua hardware. 

Melihat fungsi motherboard tersebut, bisa dibilang bahwa alat ini menghubungkan semua komponen yang menyusun komputer. Tak terkecuali pula dalam menghubungkan bahasa kode dari semua perangkat keras supaya bisa disinergikan menjadi aktivitas kerja komputer.

Lalu prosesor merupakan komponen di komputer yang berguna untuk memproses semua kegiatan. Dengan adanya prosesor, maka komputer bisa bekerja secara optimal. Tak hanya itu, prosesor juga memungkinkan pemberian perintah di komputer.

Selanjutnya untuk hardisk, berguna sebagai tempat penyimpanan semua jenis data, file, ataupun dokumen virtual. Mulai dari PDF, DOC, MP3, dan masih banyak lagi. Apabila menilik dari fungsi hardisk, bisa dipastikan bahwa komponen ini jadi nyawa komputer.

Berbeda halnya dengan RAM. Komponen yang satu ini digunakan sebagai penyimpanan memori sementara. Dalam mengemban peran tersebut, RAM memiliki memori yang kinerjanya untuk meneruskan ke CPU. Nantinya memori tersebut akan diproses secara lebih lanjut.

Dari review di atas, tentu Anda sudah memahami secara lebih mendalam apa pengertian komputer dan fungsinya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa lebih tahu apa saja komponen pada komputer lengkap dengan kegunaannya. Sebagai salah satu peralatan elektronik yang semakin dibutuhkan, jelas penting mengetahui informasinya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Komputer dan Fungsinya"

close