Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Kerja Sistem Komputer dengan Sangat Mudah

Cara Kerja Sistem Komputer dengan Sangat Mudah

Ada beberapa langkah cara kerja sistem komputer. Pengolahan data menggunakan komputer sebagai salah satu medianya sering dikenal dengan EDP (Electronic Data Processing). Pengolahan data adalah proses dimana data akan diolah atau diproses ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat, berupa informasi.


Simak Cara Kerja Sistem Komputer Mudah di Bawah ini


Supaya perangkat komputer bisa digunakan untuk mengolah data agar menjadi informasi, maka harus ada sistem yang disebut sistem pada komputer. Sistem maksudnya adalah yang terdiri dari berbagai elemen dan saling terhubung hingga membentuk satu kesatuan yang bisa digunakan. Dimana untuk melakukan dari tujuan pokok pada sistem tersebut.

Cara Kerja Sistem Komputer dengan Sangat Mudah

Pengertian Komputer adalah salah satu jenis perangkat yang memang sudah sangat tua umurnya. Pasalnya, komputer berasal dari sebuah kata “Komputasi” yang memiliki arti perhitungan matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat bantu komputasi yang sederhana.

1. Input (Pemasukan)


Pada tahap input atau pemasukan adalah sebuah tahap pertama dari proses pengolahan yang akan terjadi pada komputer. Tahap ini yaitu berupa pemasukan data mentah ke sistem komputer dengan cara input device.

Contoh dari alat-alat masukan (input device) adalah seperti mouse, keyboard, scanner, dan lain sebagainya. Peralatan tersebut yang akan digunakan sebagai pemasukan sebuah data yang nantinya diolah. Seperti pada keyboard yang memiliki fungsi untuk memasukkan berbagai jenis angka, huruf, dan simbol yang lainnya ke dalam perangkat komputer.

Hingga pada akhirnya sekarang perkembangan dari komputer sudah sangat canggih. Bahkan banyak sekali jenis dan model komputer yang bisa anda temukan dengan mudah.

2. Procces (Pemrosesan)


Cara kerja sistem komputer selanjutnya adalah pemrosesan. Di tahap ini, data yang sudah dimasukkan melalui alat-alat input, kemudian akan diproses. Tahan proses dilakukan dengan CPU (processing device).

CPU akan segera melakukan fungsinya dengan perhitungan dan logika sebagai perbandingan (ALU) serta mengontrol CU. Pada tahap pemrosesan, data yang masih mentah akan diproses hingga data tersebut siap untuk dicetak dan menjadi sebuah informasi yang lebih berguna. Lantas mudah dipahami.

3. Output (Pengeluaran)


Selanjutnya cara kerja sistem komputer adalah dengan pengeluaran. Tahap ini yaitu data yang sebelumnya sudah dimasukkan ke peralatan input, lalu diproses oleh CPU. Kemudian akan dapat dicetak apabila sudah siap. Proses pencetakan ini seperti softcopy maupun hardcopy.

Softcopy adalah menampilkan sebuah gambar visual melalui layar monitor maupun projektor. Sedangkan pada hardcopy, dengan menggunakan jenis media fisik berupa kertas maupun yang lain. Peralatan output yang dimaksud disini seperti projektor, komputer, printer, dan lain sebagainya.

4. Storage (Penyimpanan)


Cara kerja sistem komputer tahap selanjutnya adalah dengan penyimpanan. Pada tahap ini, dari proses perekaman hasil pengolahan ke sebuah alat penyimpanan atau storage device. Sehingga bisa digunakan kembali sebagai alat input untuk proses berikutnya.

Jadi, pada data mentah yang sudah diproses dengan beberapa tahapan tadi, maka bisa segera disimpan ke media penyimpanan (storage device). Hal tersebut supaya dapat digunakan kembali apabila ingin mencetak dokumen atau data tersebut dengan sangat mudah dan tepat.

Tetapi sebenarnya cara kerja sistem komputer ini pada pengolahan data memang tidak ada ujungnya. Semua telah terbukti pada suatu informasi yang bisa didapatkan dari sebuah data yang akan diolah sebelumnya. Sehingga masih dapat dikembangkan kembali menjadi informasi yang lebih berguna lagi, bahkan jelas dan detail. Cara kerja sistem ini memang penting diketahui.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Sistem Komputer dengan Sangat Mudah"