Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menjawab Visi Misi saat Interview Kerja

Cara menjawab visi misi saat interview kerja tentunya bisa menentukan bagaimana nasib Anda kedepannya, apakah diterima atau tidak. Ketika melamar pekerjaan, tentu Anda pernah melalui tahap yang bernama interview. Pada tahap ini biasanya Anda akan diberikan berbagai pertanyaan oleh pihak perusahaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus Anda jawab dengan bijak dan berhati-hati.


Sebab nantinya jawaban yang Anda berikan juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk membuat keputusan apakah Anda lolos interview atau tidak. Pertanyaan interview yang diajukan biasanya juga beragam. Misalnya yaitu apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, alasan kenapa harus menerima Anda dan yang tak kalah penting yaitu visi misi.

Cara Menjawab Visi Misi saat Interview Kerja


Visi dan misi menjadi dua hal yang sering ditanyakan saat interview kerja. Visi misi memang disampaikan untuk menggambarkan rencana kerja demi kepentingan instansi ke depannya. Sebagian orang mungkin masih belum mengerti apa perbedaan antara visi dan misi, padahal keduanya memang berbeda. Visi menunjuk pada impian, cita-cita, dan juga nilai utama sekelompok orang maupun pribadi.

Visi ditujukan untuk menggambarkan pandangan jauh ke depan untuk mencapai tujuan sehingga jelas ke arah mana tujuan kepemimpinan selanjutnya. Sementara itu, misi berfokus pada langkah-langkah untuk mencapai visi yang ditetapkan. Misi digambarkan sebagai cara kerja atau metode untuk mewujudkan sebuah visi yang telah ditentukan.

Cara menjawab visi misi interview kerja yang benar Anda bisa menyelaraskan visi misi sendiri dengan tujuan perusahan. Anda juga harus menyisipkan jawaban mengenai misi yang Anda lakukan nantinya untuk kepentingan perusahaan dan tim, bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Dengan begitu maka HRD akan memiliki alasan kuat untuk menerima Anda.

Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja


Berikut ini adalah beberapa contoh cara menjawab visi misi saat interview kerja yang bisa Anda pahami:

1. Contoh pertama, visi yaitu menjadi karyawan yang profesional, bertanggung jawab atas tugas atau pekerjaan yang diberikan serta selalu bersemangat. Kemudian misinya yaitu belajar berbagai hal baru untuk mengebangkan diri, menjaga komitmen, serta selalu berkontribusi untuk perusahaan.

2. Visi yaitu menjadi karyawan yang bisa diandalkan oleh perusahaan maupun tim, memiliki sikap bertanggung jawab dan bisa bekerja keras. Kemudian misinya yaitu selalu berusaha membantu tim di perusahaan sesuai dengan kapasitas pekerjaan yang diberikan, selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik, serta bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan yang baru.

3. Contoh cara menjawab visi misi saat interview kerja selanjutnya yaitu visinya ikut ambil bagian dalam mengembangkan perusahaan agar bisa bergerak ke arah yang semakin positif. Sementara itu, misinya yaitu memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan, mampu menyelesaikan masalah yang ada serta memberikan solusi yang sesuai dengan pekerjaan serta masalah yang terjadi.

4. Visinya menjadi karyawan yang profesional, cerdas dan cepat tanggap demi kemajuan perusahaan. Kemudian misinya yaitu selalu belajar banyak hal baru terkait pekerjaan dan update skill yang berguna untuk perusahaan.

Ketika menyampaikan visi misi tersebut Anda harus menjelaskannya dengan lugas, jelas, tidak berbelit dan tegas agar interviewer memiliki nilai plus untuk Anda. Kemudian pastikan juga untuk menggunakan bahasa yang sopan, gaya tubuh tenang, serta pengucapan kalimat yang lancar tidak terbata-bata.

Dengan jawaban yang bagus serta penyampaian yang bagus pula, tentunya akan memperbesar peluang Anda untuk diterima oleh perusahaan. Demikianlah pembahasan mengenai cara menjawab visi misi saat interview kerja. Semoga pembahasan ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menjawab Visi Misi saat Interview Kerja"

close