Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Pertanyaan Cita Cita Saat Interview Kerja

Selalu saja ada pertanyaan ketika interview kerja berlangsung. Mulai dari pertanyaan yang sifatnya menjebak, personal, hingga pertanyaan yang kadang tidak pernah terlintas di pikiran kita, yakni terkait cita-cita kita ke depannya. Naha, berikut kami berikan sedikit contoh jawaban dari pertanyaan cita cita saat interview kerja.


Walaupun terdengar remeh, namun terdapat maksud tersendiri yang hendak diketahui oleh interviewer. Akan tetapi, tiap-tiap pertanyaan membutuhkan jawaban yang pas serta dapat mencerminkan diri Anda untuk kepentingan perusahaan. 

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Cita Cita Saat Interview Kerja?


Di dalam setiap sesi wawancara atau interview kerja,  salah satu pertanyaan yang kerap kali ditanyakan oleh seorang HRD atau interviewer yaitu perihal 'apakah cita-cita Anda'? Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut dan merasa kebingungan bagaimana menjawab pertanyaan itu?

Pertanyaan seperti itu sekilas mungkin seperti mudah untuk Anda jawab. Akan tetapi, pada kenyataanya, pertanyaan mengenai cita-cita pada saat wawancara kerja berlangsung ini cukup tricky. Selain itu, dalam memberikan jawabannya, perlu perhatian untuk merangkai kata-katanya.

Contoh Jawaban Cita-cita Saat Interview Kerja


Jika mendapatkan pertanyaan cita cita saat interview kerja mungkin Anda akan menjawab "bisa menjadi seseorang yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, maupun saudara, serta orang lain".  Anda pun bisa menjawab 'ingin memperoleh karir yang lebih baik daripada sebelumnya'. Namun, cobalah untuk memikirkan jawaban yang lebih spesifik. Sebagai contoh, Anda ingin memimpin sebuah tim yang bekerja pada bidang tertentu. 

Berikut merupakan beberapa contoh jawaban dari pertanyaan cita-cita ketika wawancara kerja.

  1. Cita-cita saya adalah pekerjaan yang dapat memberikan dampak positif untuk banyak orang setiap harinya. Akan menjadi suatu kehormatan bagi saya untuk bekerja di perusahaan ini. Sebab, perusahaan ini banyak membantu orang-orang agar lebih produktif. Saya merasa sangat senang apabila mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian tim. Sehingga terus berinovasi di dalam mengembangkan produk yang efektif serta efisien.
  2. Saya memiliki tiga tahun pengalaman pada bidang software development. Saya berharap bisa meneruskan untuk memperdalam kemampuan dalam bidang ini dengan belajar bahasa pemrograman lebih banyak lagi. Selain itu, saya juga ingin lebih paham mengenai manajemen, Sehingga, saya dapat belajar untuk menjadi manajer yang mumpuni di masa mendatang.

5 Tips Jawaban Saat Ditanya Tentang Cita-cita Ketika Interview Kerja


Jawab Sesuai Posisi yang Anda Lamar

Sebagai contoh, apabila Anda melamar dengan posisi kerja sebagai Sales Marketing, maka silahkan Anda coba untuk mengungkapkan jawaban Anda sesuai bidang yang Andalamar tersebut. Berikut contohnya:

"Saya mempunyai harapan dengan bekerja di perusahaan ini, saya dapat menjadi seorang marketer yang lebih baik serta bisa bermanfaat untuk perusahaan nantinya"

Jawaban Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Untuk jawaban pertanyaan cita cita saat interview kerja yang kedua ini dapat Anda terangkan mengenai seperti apa cita-cita Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang (5 tahun atau lebih kedepannya). Contohnya adalah sebagai berikut:

"Untuk menghilangkan status saya sebagai fresh graduate, maka untuk jangka pendek ini saya harap bisa diterima kerja. Saya berharap perusahaan ini dapat memberikan saya kesempatan untuk mewujudkan hal tersebut. Sedangkan untuk cita-cita jangka panjang saja yaitu mempunyai karir yang baik dengan posisi strategis di perusahaan ini guna menambah pengalaman saya di dalam meniti karir."

Jawaban Langsung Posisi yang Anda Tuju

Anda juga dapat menjawabnya secara langsung mengenai posisi yang memang Anda tuju serta Andaharapakan. Contohnya yaitu:

"Saya mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang manager marketing untuk 2 tahun mendatang di perusahaan ini. Caranya yaitu dengan ......."

Akan tetapi, ada baiknya juga jika Anda mengungkapkan bagaimana cara Anda mencapainya di dalam proses menuju karir tersebut. 

Tentukan Tujuan Secara Jelas

Tiap-tiap orang sudah pasti membutuhkan jawaban yang jelas dan juga tidak menggantung. Begitu juga interviewer yang ingin jawaban pertanyaan cita cita saat interview dengan goals yang jelas. Hal tersebut menggambarkan apakah Anda dapat diandalkan atau tidak kedepannya.

Jawaban Personal

Adapun jawaban yang tidak dipersoalkan yaitu jawaban yang mengarah ke personal diri anda sendiri. Misalnya ingin membahagiakan orang tua atau menikah. Sebab, sebelumnya tak ada jawaban yang salah di dalam kasus ini. Tetapi, bagaimana cara Anda menyampaikan. Apakah tetap sasaran untuk kerja atau tidak.

Nah, itu tadi berbagai contoh jawaban dari pertanyaan cita cita saat interview kerja. Intinya, silahkan menjawab sesuai dengan harapan Anda dan sesuai dengan apa yang perusahaan harapkan. Pasalnya, tidak ada jawaban paling benar maupun paling salah untuk pertanyaan satu ini, Semua tergantung dari diri pribadi masing-masing.

Posting Komentar untuk "Jawaban Pertanyaan Cita Cita Saat Interview Kerja"

close