Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Light Pen Beserta Fungsinya

Istilah pena cahaya atau light pen sering dipakai di saat presentasi karena sebagai perangkat input pengarah yang memakai sinar.Light pen menolong arahkan penonton di saat presentasi untuk mendatangi tempat tertentu, seperti gambar, judul, atau text yang lain, karena ini ialah petunjuk atau perangkat laser yang paling terfokus.

Di sini saya akan menjelaskan secara detail di bawah :



Sejarah Light Pen


Light Pen pertama awalnya dikembangkan sebagai bagian dari Proyek Institut Teknologi Massachusetts sekitar tahun 1955 dan 1960-an. Untuk pengawasan wilayah udara militer, itu digunakan di konsol Tampilan Situasi AN / FSQ-7, yang merupakan salah satu penggunaan pena cahaya yang umum digunakan. Hubungan dengan proyek Whirlwind tidak mengejutkan bagi light pen. 

Pada 1960-an, light pen tersedia untuk terminal teks saja dan menjadi umum pada terminal grafis seperti IBM 2250. Selama 1980-an, penggunaan light pen diperluas ke workstation musik seperti Fairlight CMI dan perangkat seperti Atari, Commodore 8-bit. komputer, komputer MSX, dan komputer rumah Amstrad PCW; Oleh karena itu, menjadi populer selama periode ini. 

Beberapa kartu grafis dan perangkat juga menyediakan koneksi untuk menyambungkan pena cahaya, seperti CGA dan HGC yang kompatibel dengan PC BM, seperti halnya komputer Tandy 1000 awal.

Pengertian Light Pen


Light Pen adalah stylus, perangkat input komputer pengarah yang peka terhadap cahaya. Biasanya digunakan untuk menyorot teks, objek, atau mengubah data pada layar komputer atau monitor. Mirip dengan layar sentuh, ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan objek antarmuka pengguna yang tersedia di layar tetapi dengan akurasi posisi yang lebih baik. 

Selain itu fungsi light pen dapat digunakan dengan tampilan berbasis CRT apa pun. Perangkat ini dalam bentuk awal untuk menyorot dan memanipulasi objek yang ditampilkan. Monitor CRT memindai layar; oleh karena itu, pena cahaya berfungsi baik dengan monitor CRT.

Cara Kerja Light Pen


Penggunaan Light Pen mendeteksi perubahan kecerahan piksel terdekat dilengkapi dengan papan gambar, yang menunjukkan bahwa berkas elektron CRT sedang memindai di area tersebut; itu kemudian mengirimkan ke komputer, yang kemudian membandingkan informasi ini dengan stempel waktu pemindaian terakhir oleh berkas elektron, memungkinkan komputer menyimpulkan lokasi pena yang tepat.

Gambar Light Pen

Ada banyak macam macam jenis light pen yang sudah di produksi salah satunya seperti contoh gambar di bawah ini , selian itu dari segi harga sangat berfariasi anda dapat mencarinya di toko online sudah banyak sekali yang menjual nya .

Pengertian Light Pen Beserta Fungsinya

Kelebihan Light Pen


  1. Mudah digunakan.
  2. Posisinya di layar komputer memiliki akurasi yang baik, yaitu setinggi mungkin dengan mouse atau layar sentuh.
  3. Mereka dirancang untuk memfasilitasi gerakan tangan dan sangat baik untuk semua tugas menggambar dan menunjuk.
  4. Mereka tidak memerlukan ruang meja tambahan dan mudah dimodifikasi untuk digunakan oleh penyandang disabilitas.
  5. Saat digunakan untuk membaca kode batang, mereka ringan, dapat berkomunikasi langsung dengan kode batang, dan tidak memiliki bagian yang bergerak.

Kekurangan Light Pen


  1. Mudah rusak.
  2. Hanya dapat digunakan pada beberapa layar komputer. mereka tidak bekerja dengan layar LCD.
  3. Biasanya tidak memiliki kemampuan resolusi tinggi.
  4. Penggunaan yang berlebihan bisa membuatnya membosankan.
  5. Melihat layar pada komputer yang mereka gunakan dapat merugikan mereka.
  6. Memiliki tingkat kesalahan yang lebih tinggi saat menggunakan kode batang sebagai pembaca.

Demikian informasi tentang Pengertian Light Pen Beserta Fungsinya semoga bermanfaat untuk anda sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Light Pen Beserta Fungsinya"

close