Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Webcam dan Fungsinya

Pengertian Webcam dan Fungsinya, cara kerja

Pengertian Webcam dan Fungsinya Dalam kebanyakan kasus, webcam digunakan untuk rapat online, konferensi web, dan pelatihan online, tetapi ada juga kegunaan lain. Tidak semua webcam dibuat sama. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang webcam dan cara kerjanya.

Salah satu area yang menjadi perhatian adalah keamanan webcam, terutama yang terpasang secara permanen atau terhubung ke komputer (dalam beberapa kasus TV). Peretas telah menemukan cara untuk menyerang firmware atau perangkat lunak menggunakan webcam, dan mungkin menggunakan sumber gambar webcam Anda, atau bahkan mengganggu streaming webcam. 

Untuk alasan ini, pertanyaan yang sering diajukan, "Apakah Anda memerlukan penutup untuk webcam?"

Meski tidak mutlak diperlukan, saat tidak digunakan, jika tidak bisa dimatikan, matikan webcam. Jika webcam Anda tidak memiliki penutup pelindung bawaan, Anda selalu dapat menutupinya dengan selembar kertas atau selotip untuk melindungi privasi Anda saat tidak digunakan.

Pengertian Webcam


Webcam adalah kamera digital yang terhubung ke komputer untuk melakukan streaming video langsung secara real time baik sebagai peralatan terintegrasi, melalui kabel USB, atau secara nirkabel .

Webcam internal adalah kamera yang terpasang di komputer yang Anda gunakan. Anda mungkin melihat bahwa kamera internal adalah titik kecil di tengah atas layar, seukuran penghapus kecil.

Kamera USB dan kamera web nirkabel bersifat eksternal dan dapat digunakan di komputer mana pun dengan perangkat lunak yang sesuai diinstal. Mereka juga lebih fleksibel dalam hal lokasi karena tidak perlu dipasang di layar komputer.

Jenis-Jenis Webcam


Selain webcam kabel dan nirkabel built-in, ada dua jenis webcam. Fungsi dan kegunaan webcam jenis ini berbeda-beda. Ya:

1 .Kamera Jaringa 

Adalah webcam utama yang terpasang di komputer Anda, dan Anda dapat membeli webcam dari sebagian besar toko listrik. Anda akan melihatnya dari merek seperti Microsoft, Logitech, dan Razer. Mereka biasanya digunakan untuk penggunaan jangka pendek.

2. Kamera IP

Struktur kamera IP (Internet Protocol) sedikit berbeda. Mereka dirancang untuk pengawasan 24/7 dan banyak dari mereka memberikan kualitas video yang lebih tinggi daripada kamera jaringan. Webcam jenis ini banyak digunakan dalam sistem televisi sirkuit tertutup dan keperluan lain yang memerlukan penggunaan jangka panjang.

Fungsi Webcam


Webcam digunakan untuk berbagai fungsi dan biasanya digunakan untuk mengirimkan video dari satu tempat ke tempat lain.Misalnya, beberapa webcam juga dapat menangkap gambar diam, tetapi tidak selalu memiliki kualitas gambar terbaik. 
  
Kamera IP lebih banyak digunakan untuk tujuan komersial, meskipun telah menjadi populer di sistem keamanan rumah, monitor bayi, dan kamera hewan peliharaan.

Cara Kerja Webcam


Jika Anda tidak terbiasa dengan kamera digital, Anda mungkin tahu cara kerja webcam. Pada dasarnya, ini adalah kamera digital yang terhubung ke komputer. Dia menangkap cahaya. Dimana cahaya melewati lensa kamera, cahaya dikumpulkan dan didekomposisi menjadi piksel, yang kemudian dapat diubah menjadi informasi digital dalam bentuk bahasa digital yang disebut kode biner.

Kode dapat ditransmisikan ke komputer penerima melalui jaringan seperti Internet atau bahkan intranet perusahaan, yang merekonstruksi proses konversi kode menjadi piksel dan menampilkannya di layar komputer. Tidak masalah apakah webcam internal atau eksternal, perlu beberapa perangkat lunak untuk bekerja. 

Selain driver komputer, Anda juga perlu menggunakan beberapa aplikasi webcam, Skype, Zoom, atau perangkat lunak konferensi video lainnya.

Demikian untuk pembahasan Pengertian Webcam dan Fungsinya Terimakasih .

Posting Komentar untuk "Pengertian Webcam dan Fungsinya"