Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengajuannya Kredit Mobil di Bank Syariah Indonesia BSI OTO

Bank Syariah Indonesia (BSI) saat ini menjadi bank syariah yang cukup besar. Hal ini karena BSI merupakan gabungan dari bank-bank syariah besar. Selain memiliki fitur menabung, terdapat pula kredit mobil di Bank Syariah Indonesia yang mungkin banyak yang belum tahu.

Meski sudah banyak menjamur perkreditan dengan sistem syariah, BSI pun tak segan mengeluarkan produk terbarunya yaitu BSI OTO. Sebagai perkreditan syariah, Akad yang digunakan adalah murabahah, yaitu kegiatan jual beli dengan cara menyematkan margin untuk pihak bank. Simak penjelasan lengkapnya berikut.


Apa itu BSI OTO?


BSI memiliki fasilitas pembiayaan berupa kredit kepemilikan mobil baik itu baru maupun bekas yang disebut BSI OTO. BSI sendiri bekerja sama dengan Mandiri Utama Finance (MUF) unit usaha syariah dengan konsep syirkah. Menariknya, untuk melakukan kredit bisa dilakukan online.

Selain itu, BSI OTO selain dapat diakses melalui website https://bsioto.muf.co.id/, bisa juga diakses melalui BSI Mobile khusus untuk nasabah BSI tanpa harus pergi ke kantor pusat atau kantor cabang. Tentu saja BSI OTO memiliki keunggulan, yaitu sebagai berikut:

  1. Sesuai dengan prinsip jual beli Syariah, sebab akad yang digunakan ialah akad murabahah.
  2. Proses pengajuan cukup mudah juga cepat, sebab syarat pengajuan dan dokumen tidak ribet.
  3. Jangka waktu pembiayaan hingga tujuh tahun, ini tergolong cukup lama dengan akad murabahah ini.
  4. Fitur autodebet yang langsung terintegrasi dengan tabungan debitur, dengan begitu nasabah tak perlu repot transfer manual.
  5. Harga kendaraan bermotor yang masih kompetitif, maksudnya masih bersaing dengan harga kredit lain.
  6. Angsuran selalu tetap hingga jatuh tempo, jadi pastikan nasabah bisa membayar sebelum jatuh tempo.
  7. Jaringan layanan yang dimiliki luas, hal ini karena BSI bekerja sama dengan MUF unit Syariah.
  8. Down payment mulai dari nol person namun dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Alur proses kredit mobil di Bank Syariah Indonesia atau BSI OTO yaitu bank akan membeli dulu kendaraan yang diinginkan nasabah dari pemilik dengan pembelian tunai. Kemudian bank menjual kendaraan tersebut ke nasabah dengan harga jual yang ditambah margin untuk bank.

Cara Pengajuannya Kredit Mobil di Bank Syariah Indonesia BSI OTO


Cara pengajuan kredit untuk pembelian kendaraan di BSI ini cukup mudah khususnya bagi nasabah BSI sendiri. Nasabah cukup melakukan pengajuan hanya melalui BSI Mobile. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah persyaratan-persyaratan untuk pengajuan kredit ini.

Persyaratan yang dibutuhkan adalah bahwa nasabah berkewarganegaraan Indonesia yang juga berdomisili di Indonesia. Selain itu jenis profesi nasabah sudah pegawai tetap, seorang wiraswasta, atau seorang profesional. Syarat umur pun minimal 21 tahun atau sudah menikah. Ini dia cara pengajuannya:

  1. Buka aplikasi BSI Mobile dari ponsel.
  2. Pilih menu “Pembiayaan” di halaman utama.
  3. Klik menu BSI OTO.
  4. Centang box info produk yang tertera di layar.
  5. Tekan tombol “Setuju”.
  6. Pilih “Data Unit” yang ingin dibeli mulai dari jenis, merek, tipe, model, dan lainnya.
  7. Pencet “Hitung”.
  8. Klik pilihan tenor yang diinginkan.
  9. Ketuk “Kirim Pengajuan” pada layar “Informasi Detail Pengajuan”.
  10. Ketikkan PIN BSI Mobile.
  11. Tekan “Setuju”.
  12. Pencet “OK” pada layar konfirmasi pengajuan.

Terdapat dokumen yang harus disiapkan berupa data diri, Pajak Bumi dan Bangunan, nota gaji dari tiga bulan terakhir atau bisa berupa surat keterangan kerja. Jangan lupa juga untuk siapkan rekening koran selama tiga bulan terakhir serta materai Rp10.000 empat lembar.

Demikianlah kredit mobil di Bank Syariah Indonesia sekaligus cara pengajuannya. Harus diketahui bahwa kredit ini terdapat biaya yang harus dibayarkan pertama yaitu asuransi, fidusia, dan provisi. Namun, lebih bagus jika menabung perlahan lalu membeli cash tanpa hutang agar hidup tentram.

Posting Komentar untuk " Cara Pengajuannya Kredit Mobil di Bank Syariah Indonesia BSI OTO"

close