Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dan Syarat Pinjam Uang Di Bank Syariah Termudah

Ketika kekurangan dana modal awal membuka usaha dan lain-lain, coba pakai layanan pinjam dari Bank Syariah. Ini dapat menghindarkan nasabah dari sistem bunga yang memberatkan. Kemudian, bagaimana syarat pinjam uang di bank syariah dan langkah-langkah meminjamnya? Lihat penjelasan di bawah:


Syarat Pinjam Uang Dana Bank Syariah


Sebelum melakukan pinjaman, tentunya nasabah wajib mengetahui syarat yang berlaku. Pasalnya, bank syariah merupakan tempat yang legal dan sah untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan perekonomian. Syarat-syarat yang diperlukan yakni:

1. Penghasilan Cukup


Untuk bisa mengangsur pinjaman, nasabah harus dipastikan dapat membayarnya. Bank syariah memastikan hal tersebut dengan mengecek total gaji, sehingga nasabah tidak bisa menunda-nunda pembayaran dengan sengaja. Apabila memang ada kesengajaan untuk menunda, maka bank bisa memproses sanksi hukum atau denda.

2. Dokumen Identitas Lengkap


Dokumen-dokumen penting berisi data diri wajib tersedia ketika melakukan sesuatu secara legal. Nasabah harus menyerahkan KTP serta Kartu Keluarga yang telah di fotokopi. Perlu diingat bila alamat KTP tidak sama dengan tempat tinggal, nasabah harus meminta Surat Keterangan pada kelurahan.

3. Bukti Menikah Legal


Pasangan yang telah menikah wajib menyerahkan akta nikah ketika hendak mengajukan pinjaman pada bank syariah. Ketika terjadi masalah saat periode pengangsuran konfirmasi kepada kedua belah pihak akan lebih mudah. Oleh karenanya, baik istri maupun suami diwajibkan untuk mengetahui proses peminjaman.

4. Tidak Ada Tanggungan


Pihak bank biasanya tidak menginginkan nasabah yang masih mempunyai hutang atau cicilan di tempat lain. Terdapat kekhawatiran kalau nantinya nasabah kesulitan membayar angsuran di saat yang sama. Ada baiknya bila cicilan yang lain diselesaikan sebelum meminjam di bank syariah.

5. Umur di Atas 21 Tahun


Syarat pinjam uang di bank syariah yang kelima adalah berusia lebih dari 21 tahun. Hal ini dikarenakan usia tersebut merupakan idealnya seseorang sudah bekerja dan dapat memikul tanggung jawab besar. Akan tetapi, nasabah juga tidak boleh lebih dari 65 tahun.

6. Ada Buku Tabungan


Pihak bank akan meminta nasabah untuk menyerahkan rekening koran dalam waktu tiga bulan. Ini dilakukan untuk dapat mengetahui kesanggupan dalam membayar angsuran. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membayar cicilan dengan baik dan tepat waktu.

Cara Pinjam Dana Bank Syariah


Setelah mengetahui ketentuan untuk bisa meminjam dana di bank syariah, nasabah juga harus mengerti bagaimana proses untuk meminjamnya. Caranya cukup mudah dan dapat diikuti oleh semua orang. Untuk mengetahui langkah-langkah lengkapnya, perhatikan informasi yang tersedia di bawah ini:
  • Persiapkan dan bawa semua dokumen yang diperlukan ke kantor cabang bank syariah terdekat.
  • Ambil nomor antrian ketika telah sampai di kantor. Tunggu hingga staff bank memanggil nomor yang sudah didapat.
  • Sampaikan maksud untuk mengajukan pinjaman pada staff yang bekerja.
  • Perhatikan penjelasan yang akan disampaikan oleh staff bank dan lakukan konsultasi bila diperlukan.
  • Serahkan dokumen yang diperlukan apabila telah memilih jenis layanan pinjaman yang tersedia.
  • Tunggu pengecekan dokumen selesai dan terima surat perjanjian yang diserahkan pihak bank. Surat tersebut hanya diberikan ketika dokumen sudah diterima.
  • Baca surat perjanjian yang berisi syarat dan sanksi yang akan diberlakukan jika nasabah tidak membayar angsuran sesuai ketentuan.
  • Isi dan tanda tangani surat jika setuju.
  • Tunggu proses pencairan pinjaman dari bank syariah.
Sekian penjelasan mengenai syarat pinjam uang di bank syariah beserta langkah-langkah untuk meminjamnya. Sebagai saran, ada baiknya untuk menyesuaikan jumlah pendapatan dan keluar dengan bijak sebelum mengajukan permohonan peminjaman dana.

Posting Komentar untuk "Cara Dan Syarat Pinjam Uang Di Bank Syariah Termudah"

close