Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang

6 Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang

Lamanya penggunaan atau kurangnya perawatan membuat putaran kipas angin jadi melambat. Hal ini membuat performa dan fungsi kipas angin menjadi menurun. Supaya kembali nyaman digunakan, tentu Anda harus pahami bagaimana cara agar kipas angin lebih kencang.


Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang


Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan supaya kipas angin berputar lebih kencang. Berikut beberapa diantaranya.

1. Ganti Sparepart Thermostat

Salah satu caranya yaitu mengganti sparepart. Cara ini bisa Anda lakukan apabila sparepartnya sudah aus ataupun tak bisa berfungsi optimal lagi. Apabila ada salah satu sparepart rusak yang tak segera diganti, misalnya thermostat, maka bisa merusak sparepart lainnya.

2. Cek Kapasitor

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan agar kipas angin lebih kencang yaitu cek kapasitor. Kapasitor yang bermasalah seringkali ditandai dengan kondisinya yang retak, mengembang, gosong, atau meleleh. Jika sudah mengalami kerusakan, sebaiknya ganti dengan kapasitor baru. Ketika mengganti kapasitor, pastikan menyesuaikan dengan nilainya agar bisa mengatasi putaran kipas angin tidak stabil.

3. Periksa Gearbox

Gearbox juga penting untuk Anda periksa saat putaran kipas angin melambat. Gearbox harus segera diganti apabila sudah meleleh atau pecah. Cara yang satu ini sangat efektif apabila Anda masih ingin memakai fitur swing.

4. Bongkar Tombol Speed

Cara agar kipas angin lebih kencang selanjutnya yaitu dengan membongkar tombol speed. Tips ini sebenarnya bisa Anda lakukan ketika kipas angin sama sekali tak berputar. Biasanya karena plat atau platina yang ada di tombol mengalami keausan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa bongkar tombol speed. Namun Anda jangan sampai lupa penempatannya supaya tak salah saat mengembalikan nantinya. Ketika sudah menemukan platina yang bermasalah, Anda bisa melepas dan mengamplasnya supaya arus listrik dapat melewatinya dengan baik.

5. Cek Dinamo

Hembusan kipas angin tidak terasa karena putarannya pelan bisa Anda atasi dengan cek bagian dinamo. Dinamo yang bermasalah biasanya memiliki suhu panas sehingga membuat lilitan atau kumparannya hampir terbakar habis. Saat kondisi tersebut Anda alami, bisa langsung menggantinya dengan dinamo baru.

6. Bersihkan As Dinamo

Putaran kipas angin yang pelan bisa Anda perbaiki dengan membersihkan bagian as dinamo. Bagian yang perlu Anda bersihkan tak hanya sisi depan saja, melainkan juga belakang. Lakukan pembersihan secara optimal hingga tak ada lagi stempet atau pelumas kering dan kotoran grease yang tersisa.

Selain itu, bersihkan pula bearing atau rumah laher. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan bensin. Apabila sudah benar-benar bersih, Anda bisa coba menghidupkan kipas angin dan cek putarannya apakah sudah normal atau belum.

Penyebab Kipas Angin Tidak Kencang


Apabila melihat review di atas, maka bisa diketahui sebenarnya apa saja penyebab putaran kipas angin tidak stabil. Mulai dari as dinamo kotor, dinamo rusak, kapasitor meleleh, gearbox pecah, dan tombol speed aus. Namun tahukah Anda bahwa penyebabnya tidak hanya itu saja.

Adapun penyebab lainnya yaitu kipas angin sudah lama digunakan, jarang dibersihkan, thermostat rusak, hingga rotor yang aus. Pastikan Anda pahami apa saja penyebab tersebut sehingga kipas angin tak rusak lagi setelah berhasil diperbaiki. Dengan memperbaiki kipas angin yang bermasalah sendirian, maka bisa jauh lebih hemat budget.

Kini Anda sudah mengetahui dan bisa mempraktikkan cara agar kipas angin lebih kencang lengkap dengan penyebabnya. Dengan cara yang mudah, Anda tak perlu ragu untuk mencoba. Termasuk bagi Anda yang masih pemula sekalipun.

Demikian untuk artikel tentang 6 Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang semoga bermanfaat sekian dan terimakasih .

Posting Komentar untuk "6 Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang"

close