Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Typo dalam Pengetikan, Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Arti Kata Typo dalam Pengetikan, Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Arti kata typo menarik untuk kamu simak! Istilah typo ini, sebenarnya sudah lama populer dan sering dilontarkan oleh pengguna ponsel maupun komputer. Meski begitu, ternyata tidak sedikit orang yang belum tahu tentang arti typo.

Pada ulasan kali ini, akan dijelaskan secara singkat tentang arti typo, penyebab terjadinya hingga cara menghindari.


Ini Dia Arti Kata Typo dalam Pengetikan!


Typo merupakan singkatan dari typographical error, apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya kesalahan tipografi atau salah pengetikan. Jadi bisa disimpulkan, typo merupakan kesalahan penulisan ejaan, ketika seseorang sedang mengetik.

Penyebab Terjadinya Typo


Dari uraian di atas, bisa dipahami bahwa typo bukanlah hal yang disengaja. Typo bisa terjadi karena beberapa hal. Agar semakin jelas, silahkan simak uraian berikut ini.

1. Mengetik Terlalu Cepat


Kebiasaan mengetik terlalu cepat atau terburu-buru, baik pada perangkat ponsel maupun komputer. Mampu menyebabkan kemungkinan typo yang lebih besar.

Meski sudah hafal letak huruf pada perangkat smartphone atau komputer. Namun ada kalanya, penempatan jari tidak sesuai saat mengetik terburu-buru. Maka sebaiknya untuk menghindari hal tersebut, mengetiklah dengan hati-hati. Sehingga lebih cermat dan teliti.

2. Aktifnya Fitur Auto-Correct


Fitur auto-correct di dalam sistem, seringkali membuat seseorang mengetik kata atau istilah yang tidak sesuai. Umumnya, fitur ini terdapat pada aplikasi chat atau editor teks Microsoft Word di komputer.

Fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna dalam mengetik sebuah kata. Namun terkadang, kata yang dihadirkan dalam sistem justru tidak sesuai. Apabila tidak terlalu diperlukan, fitur ini bisa dimatikan saja.

3. Keyboard yang Terlalu Kecil


Perangkat smartphone tentu memiliki ukuran tombol yang berbeda-beda. Biasanya, tombol yang terlalu kecil semakin mudah menyebabkan typo. Kondisi ini bisa semakin parah, apabila ukuran jari pengguna terlalu besar. Sehingga kesalahan menekan huruf pada keypad ponsel, semakin besar.

Untuk menghindarinya, sebaiknya sesuaikan ukuran keyboard dengan jari tangan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali tulisan pada pesan sebelum mengirimkannya.

4. Gadget Error


Typo juga bisa terjadi karena perangkat smartphone mengalami kerusakan. Hal ini membuat huruf semakin sulit terketik. Untuk mengatasinya, silahkan segera memperbaiki perangkat tersebut, agar bisa kembali berfungsi dengan baik.

Nah, itu tadi uraian singkat tentang arti kata typo yang bisa kamu ketahui. Lengkap dengan penyebab typo dan cara mengatasinya. 

Posting Komentar untuk "Arti Kata Typo dalam Pengetikan, Penyebab dan Cara Mengatasinya!"