Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pahami Arti Kata Toxic dan Kenali Ciri-cirinya yang Perlu Dihindari!

Sudahkah kamu mengetahui arti kata toxic yang tengah populer ini? Di zaman sekarang ini, pastinya kamu pernah mendengar seseorang mengucapkan kata toxic, bahkan di sosial media pun. Istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti racun, namun saat ini sering digunakan untuk menyatakan seseorang yang tidak baik.

Pahami Arti Kata Toxic dan Kenali Ciri-cirinya yang Perlu Dihindari!

Lalu, apa arti toxic yang sebenarnya? Simak penjelasannya berikut ini.


Arti Kata Toxic yang Sebenarnya


Pada umumnya toxic dianggap sebagai seseorang yang membawa pengaruh buruk atau negatif pada lingkungan sosial maupun dunia maya. Biasanya hal tersebut menjadi sangat mengganggu orang lain sehingga merasa tidak nyaman. Selain itu, sifat toxic yang dimiliki seseorang juga dapat mempengaruhi orang lain untuk mengikutinya.

Toxic biasanya diperoleh melalui perbuatan maupun ucapan yang tentunya akan membuat orang lain sakit hati serta lelah secara fisik. Disamping itu seseorang yang memiliki sifat toxic biasanya ditandai dengan beberapa ciri-ciri seperti di bawah ini.

1. Sifatnya Egois


Seseorang yang berada dalam lingkup toxic biasanya memiliki sifat yang egois. Mereka akan melakukan apa saja yang membuatnya senang, namun tidak memikirkan perasaan orang lain. Selain itu mereka juga tidak mau mengalah saat berdebat serta tidak mau mengakui kesalahannya.

2. Tidak Memiliki Simpati Maupun Empati


Arti kata toxic juga merujuk pada kebiasaan yang tidak mempunyai rasa simpati maupun empati kepada orang lain. Padahal, dalam lingkungan sosial, semua orang diharuskan memiliki rasa iba maupun peduli terhadap orang lain. Biasanya orang yang toxic juga akan menyalahkan suatu keadaan, serta meremehkan masalah orang lain.

3. Enggan Minta Maaf Ketika Berbuat Salah


Selain memiliki sifat yang egois, orang yang toxic cenderung tidak mau meminta maaf ketika berbuat salah. Selain itu mereka juga malah memfitnah orang lain serta menyalahkan orang-orang yang berada disekitarnya. Sifatnya tersebut sering dianggap sebagai tindakan playing victim.

4. Suka Memanipulasi


Suka memanipulasi orang lain juga termasuk ciri-ciri orang toxic yang paling menonjol. Mereka akan berbohong, memutarbalikkan kebenaran serta melebih-lebihkan suatu tindakan guna untuk memenuhi keinginannya.

5. Penuh Drama


Drama dalam kehidupan tentunya menjadi hal yang wajar, namun apabila drama dilakukan orang yang toxic tentunya akan merugikan orang lain. Mereka senang memulai konflik, serta juga menganggap emosi yang dialaminya merupakan suatu kebenaran. Tak hanya itu, orang yang toxic juga akan menyeret orang lain kedalam drama yang mereka ciptakan sendiri.

Itulah arti kata toxic serta ciri-cirinya yang perlu kamu hindari agar tidak masuk ke dalam golongan mereka. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan orang lain di sekitarnya. 

Posting Komentar untuk "Pahami Arti Kata Toxic dan Kenali Ciri-cirinya yang Perlu Dihindari!"