Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Arti Kata Selulosa? Yuk Cari Jawabannya di Sini

Arti kata selulosa mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang, sebab kata tersebut memang terdengar cukup asing di telinga. Selulosa sendiri merupakan kata yang berasal dari bidang biologi. Sehingga bagi Anda yang memang suka mempelajari tentang biologi mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata satu ini.

Apa Arti Kata Selulosa? Yuk Cari Jawabannya di Bawah!

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, selulosa adalah bio polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel. Polisakaria sendiri merupakan polier yang tersusun atas ratusan hingga ribuan monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glokosidik. Ia merupakan karbohidrat sehingga hanya tersusun atas atom karbon, oksigen, dan hidrogen.

Arti Kata Selulosa Menurut Para Ahli


Menurut Anselme Payen, orang yang pertama kali mempopulerkan kata selulosa pada tahun 1838, menjelaskan bahwa selulosa merupakan serat padat yang tahan dan tersisa setelah pemurnian jaringan tanaman dengan asam dan amonia. Ia juga mengapai bahwa bahan yang telah dimurnikan mengandung satu senyawa kimia yang seragam yaitu karbohidrat sebab mirip dengan pati. Ia pun menjelaskan bahwa selulosa merupakan isomer dari bahan penyusun pati.

Selulosa merupakan senyawa organik yang paling banyak di bumi sebab sekitar 33 persen semua materi tanaman terdiri dari selulosa. Kemudian hampir 90 persen isi kapas adalah selulosa dan sekitar 40 hingga 50 persen dari kayu juga terdiri atas selulosa. Namun yang paling banyak yaitu kombinasi antara lignin dan polisakarida lain seperti hemiselulosa dalam dinding sel tumbuhan berkayu. Baik pada kayu lunak, keras, bambu atau jerami.

Selulosa banyak yang menggunakan dalam bidang farmasi, misalnya saja seperti metal selulosa, etil selulosa, karboksimetil selulosa dan juga dalam bentuk lainnya yang digunakan dalam sediaan oral, injeksi, dan topikal. Karboksimetil selulosa, bahan utama yang digunakan untuk mencegah adesi setelah pembedahan dari seprafilm. Kemudian selulosa yang terdapat pada serat jerami juga bisa diolah menjadi kain fashion yang berkualitas tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai arti kata selulosa dan juga manfaatnya. Semoga dengan pembahasan ini bisa menjawab rasa penasaran Anda mengenai apa itu selulosa.

Posting Komentar untuk "Apa Arti Kata Selulosa? Yuk Cari Jawabannya di Sini"