Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Rungkad yang Sedang Populer di Media Sosial

Arti kata rungkad mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Sebab kata tersebut memang cukup jarang terdengar bagi masyarakat umum. Kata rungkad sendiri memang juga bukan berasal dari Bahasa Indonesia. Karena itu, tak heran jika banyak orang yang masih belum mengetahui apa makna sesungguhnya.

Untuk Anda yang sering melihat video-video di sosial media terutama TikTok, mungkin Anda sering mendengar kata rungkad. Kata tersebut memang mulai populer di media sosial setelah seorang seleb TikTok membuat video dan mengucapkan kata tersebut. Tiktoker tersebut berasal dari Pangandaran, Jawa barat yang bernama Ardi Andika atau yang dikenal sebagai Ardi Rungkad.

Ketahui Arti Kata Rungkad


Arti Kata Rungkad,tiktok,sayang,sosial media

Karena semakin populernya kata tersebut, kini banyak orang yang ikut-ikutan mengucapkan kata tersebut. Hal ini tentu juga memicu rasa penasaran banyak orang mengenai apa artinya yang sebenarnya. Rungkad sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Sunda, karena itu pun orang-orang yang tidak mengerti Bahasa Sunda tentu penasaran ketika mendengar kata ini.

Dalam Bahasa Indonesia, rungkad berarti tumbang hingga akar-akarnya tercabut. Kata tersebut bisa digunakan misal untuk menyatakan bahwa suatu pohon sudah tumbang karena alasan tertentu. Contoh kalimatnya dalam Bahasa Sunda seperti "Tangkal kalapa rungkad ku angin". Dalam Bahasa Indonesia kata tersebut berarti "Pohon kelapa tumbang karena angin".

Di media sosial saat ini, kata rungkad bukan hanya bisa diartikan sebagai kata tumbang, namun juga digunakan untuk mendeskripsikan kondisi seseorang. Rungkad telah menjadi bahasa gaul di kalangan milenial dengan arti sebagai perumpamaan seseorang sedang berada dalam masalah atau menunjukkan perasaan sedang hancur dan tidak berdaya.

Misal orang-orang sering mengucapkan kata tersebut seperti "rungkad sayang" yang mana menggambarkan perasaan sedang hancur atau mengungkapkan kata ambyar jika dalam Bahasa Jawa. Kata rungkad pun sering digunakan untuk berbagai ranah mulai dari percintaan, masalah bisnis, finansial, dan berbagai bidang lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai arti kata rungkad. Semoga dengan ini rasa penasaran Anda terhadap artinya sudah terjawab tuntas.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Rungkad yang Sedang Populer di Media Sosial"

close