Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Arti Kata Pantek, Benarkah Masuk Bahasa Gaul? Cari Tahu Disini

Arti Kata Pantek, Benarkah Masuk Bahasa Gaul? Cari Tahu Disini

Arti kata pantek kian populer diperbincangkan di media sosial belakangan ini. Bahkan setelah seorang pengguna Tik Tok menyadur kata tersebut dengan menyematkan sebagai nama DJ Pantek Pantek. 

Ternyata kata unik ini memiliki makna berbeda tergantung dari mana asal usulnya. Hal ini wajar mengingat Indonesia memiliki banyak pulau dan suku sehingga bahasa daerahnya juga beraneka ragam.


Arti Kata Pantek Dilihat dari Asal Usul Daerahnya


Percakapan di sosial media sering menjadi kiblat pengguna berucap sehari-hari. Seperti kata "pantek" yang kian hangat menjadi kosakata populer bagi kawula muda di dunia maya. Lantas, apa sih arti pantek? Benarkah berkonotasi negatif? Berikut ini adalah penjelasannya.

Dari Bahasa Batak


Kata pantek dalam Bahasa Batak memiliki arti pantik atau pemantik. Maksud kata pemantik tersebut adalah alat untuk memantik.

Bahasa Minang


Pantek memiliki makna nilai yang cukup kasar sehingga tak patut diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan anak kecilpun pantang untuk mengucapkannya. Pantek dalam bahasa Minang yaitu merujuk pada alat kelamin wanita. 

Bahasa Madura


Di daerah Madura, arti kata pantek lebih mengarah pada umpatan yang diucapkan seseorang jika sedang merasa kesal. Jika ditranslate ke bahasa Indonesia, pantek mengandung arti anjing. Anjing memang golongan dari hewan. Namun, ketika orang mengucapkan kata tersebut dalam kondisi marah atau kesal, maka nilai rasanya menjadi kasar.

Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia


Masih penasaran dengan makna kata pantek yang saat ini booming dalam berbagai laman media sosial seperti TikTok, Twitter, dan IG? 

Adapun pantek menurut KBBI online merujuk pada kata benda (noun), yaitu pasak dan paku. 

Pantek juga menjadi kata dasar dari bentuk kata kerja, contohnya adalah melekatkan kayu, bambu, dan sebagainya. Selain kata benda dan bentuk kata kerja, pantek juga merupakan bentuk kata lain, seperti terpantek yang berarti tertancap atau terpasak oleh benda tajam seperti pisau atau paku.

Selain ulasan tadi, apakah Anda tahu arti kata pantek yang lain? Pastikan jelas sumber dan asal usulnya sehingga tepat saat mengucapkannya dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Pantek, Benarkah Masuk Bahasa Gaul? Cari Tahu Disini"