Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Laptop Shutdown Terus

Cara Mengatasi Laptop shutdown terus [ Shutting down ] Apakah Anda dalam situasi di mana Anda bekerja, dan laptop Anda mati secara acak? Situasi seperti itu bisa sangat menjengkelkan karena Anda terus kehilangan pekerjaan. Ini menjadi lebih buruk ketika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan masalah. 

Tapi jangan khawatir, kami mencoba yang terbaik untuk memberi Anda penyebab dan perbaikan yang paling mungkin untuk masalah yang mengganggu Anda. Jadi mari kita lompat ke depan dan cari tahu cara memperbaiki laptop Anda yang terus mati secara acak.

Mengatasi Laptop Shutdown Terus


Ada berbagai alasan mengapa laptop Anda bertindak sedemikian rupa. Beberapa penyebab paling umum termasuk penyimpanan penuh, laptop terlalu panas , kerusakan baterai CMOS, atau baterai rusak. Beberapa perbaikan yang tercantum di bawah ini mudah dilakukan, sementara beberapa mungkin memerlukan Anda untuk menghubungi seorang profesional untuk mendapatkan bantuan.

1. Periksa Apakah Laptop Anda Terlalu Panas


Salah satu alasan utama laptop mati secara acak, terutama saat digunakan berat, adalah saat terlalu panas. Laptop memiliki mekanisme fail-safe yang mati dengan sendirinya jika komponen menjadi sedikit panas.

Jika laptop Anda sangat panas, meskipun Anda dapat mendengar kipas bekerja dengan kecepatan maksimum, Anda dapat memilih untuk membersihkan ventilasi dan kipas untuk memastikan tidak ada yang menghalangi aliran udara. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sekaleng udara bertekanan . Tetapi jika hal-hal tampak di luar kendali Anda, Anda dapat menjatuhkan laptop Anda untuk perawatan rutin.

Namun, jika Anda tidak mendengar atau merasakan kipas Anda sama sekali, disarankan untuk membawanya ke profesional dan meminta mereka memperbaiki kipas.

2. Periksa Kesehatan Baterai


Baterai yang rusak dapat menyebabkan laptop mati secara acak dalam banyak kasus. Jadi, yang terbaik adalah memantau baterai Anda saat menggunakannya. Jika baterai Anda tidak bertahan lama atau persentasenya turun tiba-tiba, itu berarti baterai dapat menyebabkan laptop Anda mati secara acak.

Anda bisa mendapatkan baterai pengganti, dan semoga bisa menyelesaikan masalah Anda.

Alasan lain baterai mungkin bertindak adalah jika Anda memiliki kabel daya yang rusak. Kabel mungkin tidak mengisi daya baterai Anda dengan benar, atau sambungannya mungkin longgar di suatu tempat. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa kemungkinan seperti itu juga.

3. Perbarui Windows dan Driver


Pernah bertanya-tanya mengapa kita harus terus memperbarui Windows sekarang dan nanti? Jawabannya adalah untuk membantu laptop kita berjalan dengan efisien. Terkadang, OS Anda mungkin lag atau crash secara acak jika Anda belum menginstal pembaruan terbaru.

4. Matikan Startup Cepat


Beberapa pengguna melaporkan bahwa mematikan startup cepat menghentikan laptop mereka dari mati secara acak .

5. Periksa Virus atau Malware


Kita tidak pernah tahu jenis ancaman apa yang menyerang sistem kita. Mungkin kasus yang sama dengan Anda, dan virus atau malware membuat laptop Anda mati secara acak. 

Anda dapat menggunakan perangkat lunak antivirus asli apa pun dari pasar, seperti Avast, AVG, atau Kaspersky. Yang terbaik adalah melakukan penelitian Anda dan mencari tahu mana yang cocok untuk Anda.

6. Ganti Baterai CMOS Anda


Baterai CMOS adalah bagian penting dari laptop yang bertanggung jawab untuk menyimpan pengaturan BIOS. Jika baterai CMOS Anda mati atau tidak ada, sistem Anda berjalan pada pengaturan BIOS default. Jadi, jika Anda telah menginstal perangkat keras atau perangkat lunak baru di laptop Anda, BIOS mungkin tidak menyimpan informasi yang diperlukan untuk menjalankannya, sehingga laptop Anda mati secara acak.

Untuk mengetahui apakah baterai CMOS Anda berfungsi atau tidak, Anda dapat memeriksa pengaturan tanggal dan waktu sistem saat Anda menyalakannya lagi. Jika tanggal dan waktu tidak benar, itu berarti BIOS Anda mengatur ulang ke pengaturan default dan menampilkan waktu dan tanggal yang diatur pabrik.

7. Periksa Kerusakan Perangkat Keras [ Hardware ]


Mirip dengan masalah pemanasan yang disebabkan oleh kipas yang tidak berfungsi , komponen perangkat keras lainnya mungkin gagal beroperasi dengan benar, sehingga laptop mati secara acak. Bagian perangkat keras umum yang menyebabkan masalah, selain dari kipas pendingin, adalah:

  • Alat penyimpanan [ HDD]
  • RAM
  • Kurangnya atau terlalu banyak senyawa termal (hanya jika Anda baru saja melepas kipas prosesor)
  • Sirkuit pendek periferal (seperti port USB atau port daya)
  • Kartu grafik [VGA]

Jika Anda menduga komponen perangkat keras ini tidak berfungsi, yang terbaik adalah menghubungi profesional atau pabrikan Anda dan menjelaskan masalah dan kekhawatiran Anda. Jika kecurigaan Anda ternyata benar, Anda dapat memilih untuk mengubah bagian ini jika memungkinkan.

8. Setel Ulang Laptop Anda [ Install Ulang ]


Jika baterai CMOS tidak menjadi masalah, OS Anda mungkin mogok, atau beberapa file sistem hilang. Cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan hard reset laptop Anda menggunakan USB bootable atau, jika Anda memiliki CD-Drive, boot disk. 

Anda dapat mencolokkan USB yang dapat di-boot atau memasukkan disk, menunggu sistem Anda mengenali periferal, dan mengikuti petunjuk di layar.

Itu saja tips untuk mengatasi masalah Laptop Shutdown Terus sekian dan terimakasih .

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Shutdown Terus"