Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah
Cara mengatasi laptop hang kini tidak akan terasa sulit. Anda bisa mendapatkan laptop normal dan berfungsi dengan baik. Mengingat kebutuhan terhadap laptop atau komputer sangat diperlukan.

Pelajar masa kini tidak asing dengan laptop. Bahkan kebanyakan dari mereka sudah memilikinya. Tak hanya memiliki, tetapi mereka sudah lancar mengoperasikan laptop.Semakin berkembangnya dunia teknologi, maka muncul internet. Hal ini membuat seseorang mudah menginstal aplikasi untuk laptop. Tentu saja aplikasi ini berguna untuk memenuhi kebutuhan seseorang.

Terlalu banyak aplikasi pada laptop bisa menyebabkan lemot. Bahkan bisa mengalami hang, not responding, hingga crash. Hal ini diakibatkan karena beban berlebihan tanpa memperhatikan kemampuan laptop. 

Memahami cara mengatasi laptop hang akan mempermudah anda mengembalikan semuanya. Laptop bisa bekerja dengan normal tanpa menghambat kinerja anda.

Berikut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop hang


1. Virus Laptop


Masalah yang pertama biasanya timbul karena adanya virus pada perangkat yang anda miliki. kebanyakan dari virus akan merusak sistem Windows yang anda miliki. Sehingga anda harus melakukan berbagai tindakan.

Untuk bisa menangani virus perangkat laptop, anda harus menginstal beberapa software. Dalam hal ini misalnya Avast, Eset Security, dan lain sebagainya.

2. Perangkat Overheat


Penyebab laptop hang yang kedua adalah perangkat yang sudah overheat. Biasanya panas yang berlebih akan menyebabkan kerja laptop semakin lambat. Hal ini juga memicu error, macet, hang, dan akibat lainnya.

Untuk mengatasinya, anda bisa membersihkan debu pada kipas. Selalu cek keadaan prosesor tetap baik. Selebihnya, anda bisa mengoleskan thermal paste baru pada prosesor dan kipas laptop.

3. Masalah pada OS


Laptop yang hang juga disebabkan adanya masalah OS. Sistem yang mengalami masalah akan mengurangi kinerja dan menyebabkan hang. Cara mengatasi laptop hang bisa dengan menginstall ulang atau repair.

4. RAM Bermasalah


Laptop hang juga bisa dikarenakan RAM yang sudah penuh. Hal ini sering terjadi pada laptop yang memiliki spek rendah. Sehingga akan mudah mengalami hang, panas, not responding, dan lain sebagainya.

5. Hardisk Error


Hal utama yang menyebabkan laptop hang adalah kerusakan pada hardisk. Anda perlu melakukan perawatan agar tetap menikmati hardisk yang awet. Gunakan beberapa aplikasi cleaner atau tune up sebagai pembersih file temporary.

Berikut ada beberapa cara mengatasi laptop hang dengan mudah:


1. Tutup Software pada Task Manager


Cara yang pertama dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC pada laptop. Ada juga dengan brand Dell dengan rumus CTRL + ALT + Del. Tunggu hingga masuk pada fitur Task Manager.


Akan ada beberapa menu yang muncul untuk anda pilih. Anda bisa memilih menu "END TASK" dan Enter. Hal ini akan menutup aplikasi yang sedang berjalan, namun berhenti tanpa sebab.

2. Shutdown Laptop Secara Paksa


Berikutnya anda bisa melakukan shutdown secara paksa. Caranya dengan menekan tombol power selama 5 detik. Setelah itu, laptop akan mati dengan sendirinya yang menandakan semua kerja laptop juga berhenti.

Tunggu hingga beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Jika laptop tidak nyala, kemungkinan adalah adanya kerusakan pada hardware. Jika sudah mengetahui hal yang demikian, anda harus segera menghubungi tukang service untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop hang dengan mudah. Pastikan bahwa anda mengetahui kapasitas laptop sebelum menggunakannya secara berlebihan. Sehingga laptop bisa tetap awet tanpa harus  melakukan service berulang kali.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah"