Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Modem Eksternal dan Internal

Pengertian Modem Eksternal dan Internal
Pengertian Modem Eksternal dan Internal pada artikel ini cara handal akan membahas seputar jaringan komputer , internet lebih tepatnya pada hardware atau perangkat keras yang di gunakan untuk mengakses website atau internet melalui komputer .

Pada dasar nya modem mimiliki dua opsi yaitu modem internal dan eskternal dan fungsi nya sama saja untuk mengakses internet melalui perangkat pc kamu .

Di bawah ini saya akan memberikan penjelasan lengkap dan paling umum tentang modem internal dan eksternal silahkan simak baik baik agar kalian paham dan mengerti .


Pengertian Modem Eksternal

Pengertian Modem Eksternal

Modem Eksternal adalah modem yang dapat dipasang di luar CPU komputer Modem eksternal terhubung ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber daya tegangan tersendiri berupa adaptor. 

Pengertian Modem Internal 


Pengertian Modem Internal

Modem Internal adalah modem yang dicolokkan langsung ke CPU. Dari bentuk modem internal merupakan kartu yang colokan pada salah satu slot ekspansi pada mainboard pc biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem internal memiliki banyak keunggulan antara lain lebih hemat dari segi harga dan lebih irit dibandingkan modem eksternal. 

Kelebihan dan Kekurangan Modem Eksternal dan Internal 


Kelebihan Modem Eksternal

Keuntungan jika kamu menggunakan modem eksternal ini dapat di  lihat pada bagian portabilitas yang cukup baik sehingga mudah dilepas untuk digunakan di komputer lain. Selain itu, saat kamu menggunakan modem eksternal, tidak ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain, terutama jika mainboard yang digunakan menyediakan beberapa slot ekspansi. 

Modem eksternal sangat unik karena di dukung dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memantau status modem dan menendakan apakah modem sudah terkoneksi ke internet .

Kekurangan Modem Internal

Kekurangannya, lebih mahal dari modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk meletakkannya meskipun kecil.

Kelebihan Modem Internal

Karena sudah terpasang di CPU komputer, maka modem jenis ini tidak memerlukan adaptor tambahan serta modem eksternal agar sistem terkesan lebih ringkas tanpa banyak kabel berseliweran yang bisa memberikan kesan kurang rapi. Meskipun demikian, modem internal memiliki banyak sekali kekurangan yang sangat mencolok yaitu tidak adanya lampu indikator yang dapat ditemukan pada modem eksternal. 

Kekurangan Modem Internal

Akibatnya agak sulit untuk memonitor status modem (padahal bisa dilakukan melalui software). Tambahan, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri untuk diumpankan dari catu daya ke CPU. Panas dari komponen tersebut juga akan menambah modem internal di dalam kotak suhu CPU komputer

Perbedaan Modem Eksternal dan Internal 


Perbedaan yang sangat umum dari kedua modem ini yaitu letak nya dan dalam modem eksternal terdapat lampu indikator jika modem eksternal tidak terdapat lampu indikator yang menandakan modem tersebut tersambung ke internet .

Fungsi Modem Eksternal dan Internal


Di lihat dari cara kerja dan manfaat dari modem tersendiri yaitu sama saja untuk mengakses internet melalui perangkat komputer / pc anda dengan cara terhubung ke internet .

Demikian artikel tentang Pengertian Modem Eksternal dan Internal semoga dapat membantu anda dalam memahai kedua modem tersebut sekian dan terimakasih .

Posting Komentar untuk "Pengertian Modem Eksternal dan Internal"