Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Tips Merawat Komputer dengan Mudah dan Benar

Beberapa Tips Merawat Komputer dengan Mudah dan Benar

Tips merawat komputer sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan banyak caranya. Namun sebagian orang justru menganggap hal ini sangat sepele. Tapi kenyataannya dalam merawat sesuatu itu sangatlah penting, karena akan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pengguna.


Ketahui Tips Merawat Komputer dengan Benar



Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang sangat berguna serta istimewa. Karena pada dasarnya, perangkatnya berbeda dengan televisi maupun tape. Maka dari itu, cara perawatannya tentu akan sangat berbeda. Meskipun di sisi lain ada kesamaan dalam merawat.


Ketahui Tips Merawat Komputer dengan Benar


Pasalnya, komputer memiliki dua komponen besar yaitu hardware dan software. Tentunya dalam perawatannya juga akan berbeda. Untuk lebih jelasnya, dapat disimak pada uraian dibawah ini.


1. Menggunakan Tegangan Listrik yang Stabil


Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik dan tidak bisa digunakan tanpa adanya arus listrik. Meskipun di dalamnya sudah ada berbagai macam komponen yang berhubungan dengan data digital. Bahkan hal ini juga bergantung pada kestabilan tegangan dan arus listrik yang digunakan.

Maka dari itu, tips merawat komputer salah satunya adalah dengan menggunakan tegangan listrik yang sangat stabil. Hal ini bisa diatasi dengan cara memasang UPS atau stabilizer. Sehingga saat daya listriknya turun, maka komputer tidak akan goncang.

2. Menggunakan Pendingin Komputer


Pada CPU pastinya akan ada sistem pendingin inti yakni processor dan merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer. Terdapat dua macam komponen pendingin yang berupa kipas dan material logam. Sehingga anda bisa menggunakan kipas untuk pendingin supaya bisa bekerja secara maksimal.

Selain itu, gunakan juga pendingin berupa fan yang berada pada casting supaya bisa mendinginkan ruangan CPU yang digunakan. Tentunya hal ini harus diimbangi menggunakan power supply yang cukup supaya tidak berkurang oleh sistem pendingin.

3. Menghindarkan Komputer dari Hal-hal yang Berbahaya


Tips merawat komputer yang lain adalah dengan meletakkan komputer pada area yang benar dan terhindar dari berbagai macam alat berbahaya. Misalnya jangan letakkan pada tempat yang terlalu lembab maupun berdebu, karena sangat berbahaya. Lebih baik jika ruangan yang digunakan untuk komputer adalah ruang yang ber-AC.

4. Perawatan Software


Software merupakan sebuah perangkat lunak yang berada pada dalam komputer tersebut. Berbeda lagi pada hardware yakni perangkat keras. Adapun cara merawat perangkat lunak adalah dengan menggunakan yang original.

Tingkatan eror pada sebuah komputer bisa dihindarkan ketika menggunakan perangkat lunak yang original. Sebaiknya menggunakan perangkat original seperti Windows dan sejenisnya. Terlebih anda menggunakan pada seluruh software yang terpasang pada komputer milik anda.

5. Melindungi dengan Memasang Antivirus


Tips merawat komputer selanjutnya adalah dengan memasang antivirus pada sebuah komputer. Karena pada dasarnya, banyak sekali jenis-jenis virus yang bisa dengan mudahnya merusak sistem kerja komputer. Bahkan bisa membuat berbagai macam data milik anda hilang karena virus tersebut.

Alangkah baiknya adalah dengan menggunakan antivirus untuk keamanan komputer anda. Antivirus bisa bekerja secara maksimal, bahkan selalu update. Namun alangkah baiknya saat anda mendownload aplikasi tersebut harus diseleksi terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, bibit virus juga bisa berasal dari instalasi aplikasi tersebut.

Nah, itulah beberapa tips merawat komputer dengan baik dan benar. Cukup mudah dan sangat praktis karena tidak memerlukan tenaga yang ekstra untuk merawatnya. Pastikan anda memperhatikan dan mempraktekkan beberapa tips diatas agar komputer tetap bisa bekerja secara optimal dan awet. 

Posting Komentar untuk "Beberapa Tips Merawat Komputer dengan Mudah dan Benar"