Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Screenshot di Laptop dan PC Paling Praktis Tanpa Ribet

Cara Screenshot di Laptop dan PC Paling Praktis Tanpa Ribet

Cara screenshot di laptop bisa merekam tampilan layar. Mulai dari menangkap gambar, cuplikan video atau layar agar bisa diarsipkan ke dalam bentuk foto.


Tentu saja caranya akan berbeda dengan screenshot pada smartphone. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin melakukan screenshot atau tangkapan layar di PC atau laptop.


Sebab ada metode mudah yang bisa anda ikuti, mulai dari menggunakan tombol, fitur sampai aplikasi yang praktis, dan tidak ribet. Dengan begitu, simpan tangkapan layar bisa lebih simple.


Pilihan Cara Screenshot di Laptop dan PC


Saat anda ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot pada PC atau laptop yang menerapkan sistem operasi Windows 7 /8 /10 Sebenarnya anda tak hanya bisa memakai satu metode saja.
 
Ada banyak metode yang bisa anda gunakan dan ini akan membantu anda dengan mudah. Daripada anda  makin penasaran, sebaiknya kita segera simak ulasan berikut ini.

1. Tombol Print Screen atau PrtSc

Ketika anda ingin menangkap semua tampilan layar, maka anda tinggal pencet tombol PrtSc pada keyboard laptop atau PC. Dengan begitu, tangkapan layar tersebut tidak akan disimpan sebagai berkas. Akan tetapi nanti akan disalin ke clipboard.

Maka dari itu, anda terlebih dahulu harus membuka aplikasi edit gambar seperti paint atau Microsoft Word. Selanjutnya anda tinggal salin screenshot yang anda ambil tadi ke aplikasi tersebut.
Hasilnya bisa anda lihat di layar dan anda tinggal simpan gambar hasil tangkapan layar tersebut.

2. Tombol Windows + Print Screen

Cara screenshot di laptop dan PC juga bisa anda lakukan dengan menggunakan tombol Windows + Print Screen. Anda bisa melakukannya dengan memencet kedua tombol tersebut bersamaan. Tombol Windows pada keyboard memiliki simbol persegi dengan posisi yang miring.

Cara ini bisa anda lakukan jika anda ingin menangkap halaman full screen. Langkahnya cukup sederhana. Anda tinggal klik jendela program yang ingin anda screenshot. Seperti layar home Google. Lalu klik tombol Windows + Print Screen.

Dari situ gambar secara otomatis akan tersimpan pada dokumen picture yang ada di laptop milik anda. Agar lebih mudah mencari gambar, maka anda bisa klik kanan lalu klik "Sort by" dan pilih klik "Date".

3. Snipping Tool

Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan format yang fleksibel adalah Snipping Tool. Formatnya seperti persegi panjang. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka anda bisa mengambil Windows yang aktif saja atau bisa juga mengambil gambar dengan layar penuh.

Cara screenshot di laptop atau PC menggunakan Snipping Tool sebenarnya tidak sulit. Sebab Snipping tool adalah aplikasi bawaan Windows. Anda tinggal membukanya dan klik tombol New agar bisa memulai proses screenshot.

Jenis snip default yaitu snip persegi panjang. Akan tetapi, anda bisa mengambil snip dengan format bebas lain yang sesuai keinginan. Aplikasi ini tidak secara otomatis menyimpan screenshot.
Anda harus menyimpannya dengan cara manual sebelum anda keluar dari aplikasi tersebut. Bila sudah, maka secara otomatis aplikasi ini akan menyalin screenshot anda ke clipboard.

4. Menggunakan Game Bar

Anda bisa memanfaatkan game bar untuk screenshot. Baik saat anda sedang bermain game maupun tidak. Caranya mudah, anda tinggal tekan tombol Windows + G dan game bar akan muncul. Selanjutnya anda bisa klik tombol Screenshot yang terdapat pada game bar.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard default dengan tombol Windows + Alt + PrtSc agar bisa mengambil tangkapan layar penuh. Ini bisa menjadi alternatif dalam cara screenshot di laptop maupun PC dengan mudah dan praktis.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot di Laptop dan PC Paling Praktis Tanpa Ribet"