Cara Menggunakan Windows 10 Untuk Pemula

Cara Menggunakan Windows 10 Untuk Pemula

Cara Menggunakan Windows 10 Untuk Pemula

Kini kebanyakan orang menggunakan Windows 10. Tetapi bagi anda yang masih awam menggunakannya bisa mempelajari terlebih dahulu. Cara menggunakan Windows 10 sebenarnya sangat mudah.


Beragam Cara Menggunakan Windows 10


Jika kamu masih menggunakan Windows 7 atau 8, sebaiknya segera beralih ke Windows 10. Pasalnya, sistem operasi sudah menawarkan kinerja yang lebih unggul. Selain itu, memiliki performa yang lebih baik. 

Berikut adalah hal yang harus anda lakukan:

1. Touchpad Gesture untuk akses Windows yang Lebih Cepat

Anda harus mengecek laptop sebelum menggunakannya. Caranya dengan masuk ke menu settings. Baru setelahnya memilih menu change PC settings. Disana terdapat menu PC and Device dan klik Mouse and touchpad.

Jika sudah, anda bisa mengaktifkan fitur ini dan akan muncul tulisan "your PC has a precision touchpad". Anda bisa mencoba swipe tiga jari ke atas untuk melihat task view. Sedangkan tiga jari swipe ke bawah bisa digunakan untuk melihat desktop. Tiga jari ke kanan atau ke kiri bisa masuk ke aplikasi lainnya.

2. Menekan Tombol Windows dan Kiri atau Kanan

Cara menggunakan Windows 10 juga bisa dengan menekan tombol Windows dan tombol kiri atau kanan. Hal ini akan membuat anda bisa memisahkan layar menjadi dua bagian. Tak hanya itu, anda bisa men-split 4 Window yang berbeda.

Adanya fitur ini bisa memudahkan anda untuk melakukan multitasking pada perangkat windows. Adanya kemajuan di Windows 10 berguna untuk memenuhi kebutuhan penggunaan laptop.
Menekan ALT dan Tab/ Windows dan Tab

Anda bisa membuka semua Windows dengan cara menekan ALT dan Tab. Jika anda menekannya secara berulang kali, maka akan berpindah jendela. Selanjutnya bisa melepaskan tombol tab untuk membuka Windows yang sudah dipilih.

3. Virtual Desktop Windows 10

Cara menggunakan Windows 10 juga bisa dengan memperhatikan fungsi desktop. Hal ini bisa memberikan anda desktop yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, anda memiliki desktop untuk kerja dan desktop untuk keperluan pribadi.

Setelah itu, anda bisa membuat 4 virtual desktop sekaligus. Cara untuk mengaktifkan virtual desktop dalam cara yang mudah dengan Ctrl + Windows + D. Jika akan menghapus virtual desktop, dengan menekan Windows + Ctrl + F4.

4. Mengaktifkan Hey Cortana

Jika anda mengucap Hey Cortana dan tidak ada respon, maka anda harus mencoba masuk ke settings. Akan muncul menu Cortana dan Search. Anda bisa memastikan fitur Cortana yang sudah aktif.
Akan tetapi, anda harus hati-hati dalam menggunakan fitur ini. Pasalnya, mengaktifkan fitur ini bisa menyebabkan boros baterai.

5. Menonaktifkan Fitur Update Windows

Salah satu keunggulan dari Windows 10 adalah adanya fitur update yang otomatis. Cara menggunakan Windows 10 berikutnya bisa mematikan fitur update otomatis. Untuk bisa mematikannya bisa dilakukan dengan mudah.

Anda bisa membuka menu Settings, lalu klik Update and Security. Selanjutnya bisa membuka Windows Update dan Advanced Options. Langkah terakhir dengan memilih Choose How Update Are Delivered. Sehingga bisa langsung mematikan pilihannya.

6. Klik Kanan dan Pilih Ask Cortana

Jika anda akan melakukan browsing dan menemukan sesuatu, anda bisa memilih klik kanan pada bagian tersebut. Selanjutnya bisa memilih Ask Cortana.

Nantinya Ask Cortana akan dengan mudah menyajikan informasi lain yang masih terkait. Tetapi fitur ini hanya bisa sementara berada di browser Microsoft Edge. Hal ini akan membantu anda untuk mengakses browser.

Itulah beberapa cara menggunakan Windows 10 yang bisa anda pelajari. Anda akan mudah mengoperasikan Windows yang terbaru. Sehingga hal ini akan memberikan kelebihan ketika anda menggunakan laptop.

Load comments