Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mematikan Komputer Merupakan Hal Penting, Harus Diperhatikan

Cara Mematikan Komputer Merupakan Hal Penting, Harus Diperhatika

Cara mematikan komputer merupakan pelajaran dasar dan penting yang harus anda pahami sebelum belajar tentang komputer. Hal ini mungkin sedikit sepele, tapi berpengaruh terhadap kesehatan dan kinerja komputer anda. Jika kita selalu menggunakan cara yang tidak benar, maka bersiaplah jika akan terjadi hal buruk yang tak diinginkan.


Komponen komputer yang terdiri dari software dan hardware, mempunyai satu sistem terpadu. Semua komponen ini dapat bekerja karena adanya tenaga listrik yang tersistem dan stabil. Jika kita mematikan secara langsung dan tidak sesuai dengan caranya, maka akan berpengaruh buruk terhadap komponennya, terutama hardware. Karena hardware merupakan arus yang berhubungan dengan listrik.


Cara mematikannya sendiri memiliki banyak versi. Setiap komputer pastinya mempunyai sistem operasi yang berbeda-beda. Sebelum terlanjur rusak, sebaiknya ada pencegahan dengan menerapkan cara mematikan yang baik dan benar.


Beberapa Cara Mematikan Komputer yang Perlu Anda Ketahui


Beberapa Cara Mematikan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Mematikan komputer terdapat berbagai cara, yakni melalui mouse, CMD, hingga keyboard. Mungkin sebelumnya anda sudah pernah mencoba menggunakan salah satu cara tersebut.

Mematikan dengan Menggunakan Mouse

Mematikan komputer menggunakan mouse merupakan cara mematikan yang paling praktis dan mudah. Untuk mematikannya, pastikan jika semua program tidak sedang dalam kondisi aktif atau sudah tidak ada lagi program komputer yang memang otomatis.

Mematikan Komputer Windows 7

Istilah mematikan sudah umum dikenal dengan nama 'shutdown'. Untuk anda yang juga menggunakan sistem operasi Windows 7, berikut ini cara mematikannya. 

Jika semua program sudah tidak aktif, anda bisa langsung klik "Start Menu". Nantinya akan muncul jendela Menu, klik Menu Shutdown yang terletak pada sebelah kanan 'shutdown'. Cukup klik sekali saja dan tunggu hingga komputer benar-benar mati. 

Mematikan Komputer Sistem Operasi Windows 8

Tampilan Windows 8 memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jadi, apabila anda baru menggunakan untuk pertama kalinya, pasti akan kagok dan cukup merasakan kesusahan. Pasalnya, letak menu 'shutdown' tidak sama dengan Windows 7. Untuk anda yang belum pernah mencobanya, berikut ini tips mematikan komputernya.

Arahkan kursor anda ke sisi sebelah kanan guna memunculkan menu “Settings”. Nantinya akan muncul menu 'shutdown' pada bagian bawah dengan tulisan "Power". Finally, tekan menu 'shutdown' tersebut.

Mematikan Komputer dengan Sistem Windows 10

Saat ini sudah banyak yang menggunakan operasi sistem Windows 10. Namun, pada kenyataannya masih kaku dan banyak yang lupa dimana letak shutdown. Berikut ini cara mematikan komputer dengan sistem Windows 10.

Klik Start pada Windows 10 yang terletak pada pojok kiri bawah. Setelah itu, akan muncul jendela seperti pada sistem operasi Windows 7. Kemudian tekan Power pada menu shutdown.

Menggunakan Keyboard

Mematikan komputer juga bisa menggunakan keyboard. Masih bingung bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya. 

Ada keyboard yang memiliki tombol khusus 'Power', namun ada juga yang tidak memiliki tombol ini. Namun cara mematikannya tetap tidak sulit, karena anda cukup menekan beberapa tombol guna memunculkan menu "Shutdown".

Pada Windows 7, cukup tekan ctrl + alt + dan menu delete pada keyboard. Kemudian nanti akan dibawa menuju ke layar khusus yang terdapat beberapa akses, termasuk mematikan komputer. Pada bagian pojok kanan bawah terdapat logo 'Shutdown'. Gunakan tombol untuk 'Select' pada ikon tersebut. Setelah hal tersebut selesai, tekan "Enter" pada keyboard.

Untuk anda yang memiliki komputer, alangkah lebih baiknya jika menggunakan cara mematikan komputer dengan cara-cara tersebut. Supaya komputer anda tetap beroperasi dengan baik.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Komputer Merupakan Hal Penting, Harus Diperhatikan"