Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Instal Ulang Laptop HP Mudah Tak Perlu Mengundang Jasa Service

Cara Instal Ulang Laptop HP Mudah Tak Perlu Mengundang Jasa Service

Cara instal ulang laptop HP ternyata bisa kita lakukan sendiri. Dengan menginstal ulang, maka akan membuat performa laptop tersebut seperti baru dan seperti saat pertama kali beli. Hal ini memang perlu anda lakukan, apalagi untuk laptop yang terserang virus atau malware. Selain itu, sistem yang eror juga butuh untuk diinstal ulang.


Sebelum melakukan instal ulang pada laptop, ada langkah-langkah yang tidak boleh anda tinggalkan. Dengan bisa anda lakukan sendiri, berarti anda menghemat pengeluaran untuk membayar jasa service komputer.


Panduan Cara Instal Ulang Laptop HP


Panduan Cara Instal Ulang Laptop HP

Sebelum anda menginstal ulang laptop HP anda, alangkah lebih baiknya jika tutorial cara ini bisa anda gunakan. Guna mengantisipasi terjadinya suatu hal yang tak diharapkan.

1. Persiapan

Perlu anda ketahui, cara instal ulang laptop itu tidak bisa anda lakukan dengan cara dadakan. Butuh banyak persiapan dan waktu panjang supaya laptop tersebut benar-benar siap. Seperti backup, mempersiapkan driver, dan juga membuat catatan serial number.

3. Backup File Penting

Instal ulang memiliki kemungkinan bahwa semua file yang telah kita simpan terhapus. Bukan tidak mungkin, tetapi hal tersebut sudah kerap terjadi. Wajar saja apabila seseorang itu trauma dan khawatir. Namun cara instal ulang laptop HP yang melibatkan untuk menghapus semua file juga bagus, tetapi yang ada di harddisk dulu. Lalu untuk memastikan bisa dibuka kembali, lakukan backup file terlebih dahulu.

Hal yang paling mudah sebenarnya ada, yakni dengan melakukan copy-an dokumen dan file dengan menggunakan USB flash drive atau biasa disebut harddisk eksternal. Penyimpanan cloud juga bisa anda lakukan. Pasalnya, anda bisa mengupload semua file ke penyimpanan satu ini dan bisa kita download kembali saat proses instal ulang sudah selesai.

3. Menyimpan Serial Number

Semua program yang ingin anda instal ulang laptop memiliki number serial. Apalagi untuk program yang berbayar. Kegunaan serial number nantinya adalah untuk mengembalikan program supaya bisa anda gunakan kembali setelah instal ulang selesai.

Untuk cara instal ulang laptop HP satu ini, anda tidak perlu membackup file programnya, melainkan serial number. Memang anda bisa menginstal program tanpa serial number, tapi program tersebut tetap saja tidak bisa diakses. 

Solusi untuk memastikan bahwa serial number tersebut tetap aman, anda bisa menggunakan tool seperti Belarc Advisor. Tool ini nantinya akan melakukan scan untuk semua program dan mendaftarkan kembali semua serial numbernya.

4. Menyiapkan Driver

Driver akan membuat hardware laptop anda tetap berjalan dengan baik. Untuk Windows 10 sebenarnya tidak perlu melakukan cara instal ulang laptop ini, karena ada fitur otomatis yang mendeteksi hardware dan menginstal driver. Namun untuk yang bukan Windows 10, langkah ini sangatlah wajib anda lakukan.

5. Instal Ulang Laptop

Setelah langkah persiapan tersebut selesai dan laptop sudah siap, kini saatnya melakukan cara instal ulang laptop HP dengan baik dan akan dimulai. Anda bisa menginstal ulang ke New State. Dengan cara berikut ini, Menu Start - Settings - Update & Security - Recovery - Reset this PC dan Advance Start-up. Lalu Gestard pada Reset this PC.

6. Instal Ulang dengan Format Manual

Cara ini biasanya untuk Windows bukan 10. Bertujuan untuk menghapus file yang terinfeksi virus. Hal ini berarti memungkinkan anda untuk memiliki file installer Windows 10 dalam bentuk CD atau Disc terlebih dahulu.

Untuk anda semua yang masih ragu untuk instal ulang laptop sendiri, panduan atau tutorial cara instal ulang laptop HP tersebut bisa anda gunakan. 

Posting Komentar untuk "Cara Instal Ulang Laptop HP Mudah Tak Perlu Mengundang Jasa Service"