Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Arti Kata Takziah, Hukum dan Adab, Seorang Mulslim Wajib Tahu

Arti Kata Takziah, Hukum dan Adab, Seorang Mulslim Wajib Tahu

Arti kata takziah menurut agama Islam dan hukumnya memang cukup penting. Apalagi takziah menjadi salah satu hal yang sering dilakukan umat Muslim di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan untuk berkunjung kerumah seseorang yang sedang berduka.

Namun adakah makna lain dari kata takziah? Mari simak penjelasan selengkapnya.


Arti Kata Takziah dan Hukumnya


Di dunia ini tidak satu orang un yang tidak pernah mengalami yang namanya musibah. Ketika seseorang terkena musibah atau sedang diuji sebagai umat Islam dianjurkan untuk mengunjunginya.

Salah satunya ketika tertimpa musibah adanya keluarga atau saudara yang meninggal. Hal ini bisa disebut dengan takziah. Mengunjungi keluarga yang sedang tertimpa musibah bertujuan untuk bisa menghibur untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sedih mereka.

Menurut Imam al-Nawawi, takziah juga berupa pertolongan bagi sesama Muslim. Sehingga ketika ada saudara sesama Muslim yang meninggal mereka akan berkunjung untuk menghibur agar tidak terlalu larut dalam kesedihan.

Hukum Takziah


Sebagai orang muslim tentu tahu arti kata takziah. Hukum takziah itu sendiri yaitu sunnah. Hal ini baik untuk kaum laki-laki maupun perempuan. Bahkan baik orang dewasa maupun anak kecil.

Hukum takziah terdapat pada pernyataan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dan Imam al-Baihaqi. Adapun bunyinya yaitu “Tak ada seorang Mukmin pun yang bertakziah kepada saudaranya yang tengah mengalami suatu musibah, kecuali Allah SWT akan memakaikan pakaian kemuliaan kepadanya di hari kiamat.”

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan jika membuat hati keluarga yang ditinggalkan merasa lebih baik itu tujuan dari takziah. Dengan adanya kunjungan orang lain terhadap keluarga yang ditinggalkan menjadi bentuk penghibur. Sehingga takziah meski hukumnya sunnah, namun ada baiknya jika dilakukan.

Adab Takziah


Setelah Anda tahu arti kata dan hukumnya kini perlu tahu juga adabnya. Adapun adab yang perlu dilakukan oleh seorang Muslim ketika takziah. Mulai dari tidak bersenda gurau, menunjukkan rasa duka mendalam, ikut mensholatkan, dan mengantarkan jenazah ke kubur. Selain itu, membawakan makanan dan minuman untuk keluarga yang ditinggalkan.

Dengan Anda tahu arti kata takziah tentunya lebih menghormati saudara Muslim yang sedang terkena musibah. Sebaiknya datang berkunjung dan menghiburnya agar tidak larut dalam kesedihan.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Takziah, Hukum dan Adab, Seorang Mulslim Wajib Tahu"